Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Herbal-Herbal Untuk Membantu Menghentikan Merokok, Apa Saja?

Banyak di antara para perokok yang sebenarnya ingin berhenti dari kebiasaan merokok. Sosialisasi menyeluruh tentang bahaya merokok, sebenarnya memunculkan rasa khawatir. Akan tetapi, menghentikan rokok bukanlah perkara mudah. Salah satu hal yang membuat berat meninggalkan rokok adalah munculnya gejala putus nikotin.

Sebagaimana dilansir dalam ncbi.nlm.nih.gov (8/8/2006), ketika seseorang merokok, nikotin masuk ke otak dan diterima oleh alpha 4 beta 2 nicotinic acetylcholine receptors, yang kemudian menyebabkan dikeluarkannya dopamin dan endorfin yang membuat tubuh terasa nyaman.

Itulah mengapa, nikotin merupakan zat yang bisa menyebabkan adiksi (ketagihan). Bahkan, efek psikoaktif nikotin, ternyata tak kalah dibandingkan kokain. Maka, ketika putus nikotin, perokok akan merasa stres, marah, sulit fokus, cemas, sensitif, gangguan tidur, dan berbagai perasaan tak nyaman lainnya.

Namun begitu, ternyata ada beberapa zat yang mampu melawan gejala putus nikotin. Apa saja?

Ginseng (Panax sp)

Sebagaimana dikutip dari flowingfree.org (retrieved 9/2/2018), ginseng, khususnya yang berasal dari Korea, bersifat adaptogenetic, alias bisa membantu meredakan gejala frustasi atau stres, juga mampu meningkatkan mood serta konsentrasi. Dengan demikian, ginseng korea bisa digunakan untuk membantu mengatasi gejala putus nikotin.

Sebaiknya, belilah akar ginseng yang masih segar. Ambillah sepotong ginseng, lalu iris dan masukkan beberapa irisan ke air dan rebuslah sampai mendidih. Air rebusan bisa diminum secara teratur. Awas, jangan mengonsumsi ginseng secara berlebihan! Menurut, mengonsumsi ginseng secara berlebihan, bisa menyebabkan insomnia dan hipertensi.

Daun Mint

Selain ginseng, menurut webdicine.com (13/9/2011), peppermint atau daun mint (Mentha piperita) juga merupakan herba alami yang bisa mengatasi sakit kepala, mual, tegang dan cemas yang disebabkan karena putus rokok.

Daun ini juga bisa mengatasi mulut kering dan pahit seperti yang biasa dikeluhkan para perokok saat tidak merokok.  Berdasarkan info dari ncbi.nlm.nih.gov (11/12/2010), minyak daun mint memiliki bau menthol yang tajam dan segar, serta mampu menimbulkan sensasi segar, sehingga sangat membantu perokok saat gejala putus nikotin.

Saat ini, daun mint sudah banyak digunakan sebagai permen, sehingga perokok tidak perlu bersusah payah mencari daun peppermint, cukup membeli di apotik atau toko terdekat. Pilihlah permen dengan mint yang rendah gula. Konsumsilah permen sebagai pengganti rokok Anda.

Gandum dan Jahe

Beberapa tanaman yang banyak di sekitar kita seperti gandum dan jahe juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi gejala putus nikotin. Cara mengonsumsinya bebas, tetapi sebaiknya jangan melalui pengolahan yang terlalu rumit sehingga menghilangkan khasiatnya.

Bagaimanapun, yang menentukan berhenti merokok atau tidak adalah semangat dan niat yang kuat. Semoga Anda berhasil mengurangi ketergantungan pada nikotin! [yms].

Posting Komentar untuk "Herbal-Herbal Untuk Membantu Menghentikan Merokok, Apa Saja?"

banner
banner