Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ajaibnya Jahe, Lebih Dari 13 Penyakit Bisa Dicegah!


Zaman saya kecil, almarhum nenek saya berpesan untuk selalu menanam jahe di pekarangan rumah. Memang, manfaat jahe sebagai salah satu obat tradisional ini sudah dikenal Jahe sejak zaman nenek moyang kita. Jahe (Zingiber officinale), yang berasal dari keluarga Zingiberaceae, memiliki banyak sekali khasiat, sehingga kita layak menyebutkannya sebagai sebuah keajaiban tersendiri.

Apa saja sih, khasiat jahe sehingga layak kita sebuah sebagai “bahan ajaib”? Simak, yuk! 

1-Mengatasi Kram Otot

Bagi kaum perempuan, menstruasi merupakan satu hal yang biasa. Namun, kadang, menstruasi menjadi berat, karena disertai dengan kram perut. Ternyata, jahe bisa mengatasi kram yang muncul tiba-tiba, seperti kram perut saat menstruasi. Menurut ibsgroup.org (19/11/2002), rimpang jahe memang merupakan antispasmodik alami. Antispasmodik adalah kemampuan dalam mencegah spasm (kram). Caranya, kita bisa mengunyah jahe yang telah diiris tipis-tipis, atau meminum air rebusan jahe.

2-Mengatasi Peradangan

Dilansir dari cabi.org (3/5/2017), jahe memiliki sifat antiinflamasi  (anti peradangan). Jadi, jahe mampu membantu mengatasi peradangan pada tubuh, misal radang pada usus, tenggorokan dan sebagainya. Caranya juga bisa dengan meminum air rebusan jahe. Satu ruas jahe bisa untuk segelas air. 

3-Membantu Mengobati Penyakit Asam Lambung

Punya masalah dengan asam lambung? Dilansir dari medicalnewstoday.com (6/11/2018), minuman jahe adalah minuman terbaik bagi penderita refluks asam lambung. Kandungan biokimia pada jahe, bisa menurunkan kadar asam lambung dan menghilangkan rasa nyeri.

4-Melawan dan Menurunkan Risiko Kanker

Jahe kaya dengan antioksidan. Menurut researchgate.net (1/12/2016), jahe, khususnya yang berwarna merah juga mengandung flavonoid, fenolik, terpenoid, keton, aldehida, gingerol, dan seskuiterpen. Antioksidan merupakan bahan aktif yang bisa membantu menurunkan risiko kanker

Menurut riset, sebagaimana dilansir dari hellosehat.com (2/9/2018), gingerol pada jahe bisa mencegah pertumbuhan sel kanker pada usus besar.

5-Membantu Mengatasi Penyakit Infeksi

Penyakit infeksi, seperti flu, bisa pula dicegah dan dilawan dengan jahe. Minyak atsiri pada jahe, khususnya jahe merah memiliki aktivitas antibakteri yang kuat.

6-Mencegah Hipertensi

Bagi penderita hipertensi tentu harus sangat berhati-hati dalam mengonsumsi herbal. Namun, untuk mencegah hipertensi, secara ilmiah jahe terbukti mampu melakukan hal tersebut. Dilansir dari hellosehat.com (5/9/2017), jahe merupakan herbal yang dapat mengontrol tekanan darah tinggi dengan cara mengendurkan otot-otot sekitar pembuluh darah. 

7-Membantu Mengobati Diare

Diare juga bisa diatasi dengan jahe. Senyawa fitokimia pada jahe, memiliki sifat antidiare, yakni dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare, serta memblokir zat beracun yang dihasilkan bakteri. 

8-Mengurangi Nyeri Pada Asam Urat 

Jika kita memiliki problem asam urat, rasa nyeri pada sendi sungguh sangat mengganggu aktivitas kita. Jangan khawatir, kandungan zat biokimia pada jahe, bisa mengurangi rasa nyeri akibat radang pada persendian yang terjadi karena asam urat. 

9-Membantu Melawan Jerawat

Cukup menggembirakan, karena jahe, sebagaimana dilansir dari boldsky.com (4/12/2017) bisa membantu mengobati jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Senyawa antiseptik dan antikbakteri pada jahe bisa membantu mematikan bakteri penyebab jerawat. Caranya, kita bisa melumatkan jahe secukupnya, dan dioleskan pada jerawat.

10-Mengatasi Batuk Membandel

Batuk membandel, bisa dilawan dengan jahe. Senyawa antikuman yang terdapat pada jahe, bisa membantu melawan kuman penyebab batuk. Meminum air rebusan jahe secara rutin, bisa membuat batuk menjadi lebih ringan. 

11-Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Sebab utama dari penyakit jantung koroner adalah penyempitan pembuluh darah, yang disebabkan karena plak yang terbentuk dari kolesterol jahat di arteri koroner jantung. Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov (retrieved 14/6/2018), jahe terbukti efektif kolesterol jahat pada tubuh. Karena itu, secara tidak langsung, jahe bisa membantu mengatasi problem penyempitan pembuluh darah.

12-Mencegah Penyakit Stroke

Jika penyempitan pembuluh darah terjadi di arteri yang bertugas membawa darah ke otak, maka otak bisa mengalami kerusakan atau stroke. Jadi, jahe juga bisa membantu mencegah risiko stroke, karena bisa menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah tersebut.

13-Mengatasi Perut Kembung

Sejak zaman dahulu, jahe ampuh digunakan sebagai obat penyakit kembung. Zat-zat aktif pada jahe, bisa menghangatkan perut dan menghilangkan gas penyebab kembung.

Nah, hebat kan, khasiat jahe? Jangan ragu konsumsi herbal sehat warisan nenek moyang kita ini ya! [YMS].



Posting Komentar untuk "Ajaibnya Jahe, Lebih Dari 13 Penyakit Bisa Dicegah!"

banner
banner