Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengintip 9 Khasiat Dahsyat Kecombrang: Enak Dimakan, Sehat Untuk Badan!

Kecombrang

Siapa yang suka makan kecombrang, silakan tunjuk jari! Yap, kecombrang memang dikenal sebagai bahan makanan yang sedap. Kecombrang bisa dimasak sebagai bahan pecel, gudangan (urapan), atau sekadar untuk lalapan. Kecombrang memiliki nama latin Etlingera elatior, sedangkan di nusantara, kecombrang juga sering disebut sebagai honje atau kantan. Kalau di bahasa daerahmu apa dong, yuk tinggalkan jejak di kolom komentar.

Meski ngetop di kalangan generasi terdahulu, tampaknya kecombrang kurang diminati oleh generasi milenial, apalagi zilenial (istilah trend untuk menyebut gen-Z). Bisa jadi bukan karena tidak suka, tetapi mungkin karena tidak tahu.

Sobat KS, khasiat kecombrang ini luar biasa lho, ternyata. Pertama, sebagai bahan makanan, kecombrang memiliki zat gizi yang berlimpah. Menurut Indonesian Journal of Plant Medicine (Farida & Maruzy, 2016), dalam 100 gram kecombrang terdapat 7 gram karbohidrat, 3 gram serat, 1 gram protein dan hanya 1 gram lemak, sehingga sehat saat dikonsumsi sehari-hari. Kecombrang juga berlimpah zat yang sangat dibutuhkan seperti vitamin B, kalium, fosfor, zat besi, dan juga kalsium.

Lebih seru lagi, kecombrang juga kaya akan zat antioksidan. Kecombrang memiliki kandungan zat-zat dari golongan fenol, polifenol, flavonoid, dan terpenoid. Banyak riset yang membuktikan bahwa kecombrang bisa bersifat antioksidan, antibakteri, antikanker, larvasida (membunuh larva hewan-hewan parasit), juga bersifat menghambat pertumbuhan parasit. Karena kandungan tersebut, kecombrang memiliki banyak khasiat, di antaranya:

1. Bisa menjaga kestabilan kadar gula dalam darah, sehingga kita relatif bisa terhindar dari penyakit gula atau diabetes.

2. Bisa mencegah penyakit kanker.

3. Menjaga agar kadar asam urat dalam tubuh tidak tinggi. Kadar asam urat yang tinggi disebut sebagai hiperurisemia. Mengonsumsi kecombrang bisa mencegah kondisi ini.

4. Menjaga tubuh agar senantiasa fit dan awet muda.

5. Kecombrang juga bisa mengurangi rasa sakit akibat peradangan atau inflamasi.

6. Mencegah bau badan.

7. Membuat kulit lebih bersih, sehat dan glowing.

8. Mengurangi risiko terkena penyakit-penyakit kronis seperti penyakit jantung, alzeimer, hipertensi dan sebagainya.

9. Menjaga berat badan agar tidak berlebih dan bisa lebih langsing.

Nah, apalagi yang membuat kita ogah mengonsumsi kecombrang? [YM].

Posting Komentar untuk "Mengintip 9 Khasiat Dahsyat Kecombrang: Enak Dimakan, Sehat Untuk Badan!"

banner
banner