Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips Atasi Batuk Membandel Dengan Obat Tradisional


Musim hujan, identik dengan penyakit flu alias batuk pilek, yang kadang disertai demam. Pernah dalam satu kejadian, di sebuah kantor, hampir semua karyawan terserang flu bersamaan. Walhasil, setiap saat, seakan terjadi konser batuk yang cukup ‘meriah’.

Menurut dr. Velma Herwanto, Sp.PD., sebagaimana dikutip dari tribunnews.com (14/8/2016), pada musim hujan, influenza sulit dicegah dan juga  mudah menular, apalagi jika daya tahan tubuh sedang turun. Melakukan kontak penderita influenza akan membuat kita gampang tertular penyakit tersebut.

Meskipun begitu, tentu kita tidak akan menyerah dan membiarkan saja tubuh kita diserah virus influenza bukan? Berikut ini adalah ramuan tradisional warisan nenek yang terbukti turun temurun mampu mencegah serta membantu mengobati penyakit flu. Jangan khawatir, bahan-bahan ramuan ini tersedia melimpah di sekitar kita dan sangat mudah membuatnya.

Ramuan Bawang Merah

Sebagaimana dikutip dari Kompas.com (23/11/2015), bawang merah mengandung berbagai senyawa quercetin yang merupakan zat antioksidan, antiinflamasi dan antijamur, sehingga sangat efektif untuk mengobati flu.

Ambilah 3 butir bawang merah, kupas dan parut. Lalu campurkan dengan satu sendok baby oil atau minyak zaitun. Balurkan ramuan bawang merah tersebut ke dada, punggung dan leher ketika kita menderita flu. 

Untuk mencegah penularan flu, kita bisa potong-potong bawang merah, lalu diletakan di wadah dan ditempatkan di dekat kita. Uap dari bawang merah yang mengandung quercetin akan membantu mencegah virus menginfeksi kita.

Ramuan Daun Sirih dan Jahe

Daun Sirih (Piper betle L) sudah terbukti sejak dahulu mampu membantu mengatasi penyakit batuk dan pilek. Menurut Sastroamidjojo (1997, dalam buku Obat Asli Indonesia, diterbitkan Dian Rakyat), daun sirih berkhasiat antibakteri karena mengandung 4,2% minyak atsiri yang sebagian besar terdiri dari betlephenol (oil fly) yang bisa membunuh aneka parasit seperti jamur, virus dan bakteri. Demikian juga, jahe terbukti ampuh mengatasi berbagai penyakit, salah satunya batuk pilek.

Ambil 5 lembar daun sirih dan 1 ruas jahe ukuran satu jari (memarkan). Rebuslah jahe dan sirih dengan dua gelas air hingga mendidih. Lalu saring dan biarkan menurun suhunya sampai hangat. Campur dengan 2 sendok madu dan perasan dari sebutir jeruk nipis. Minum separuh di pagi hari, dan sisanya di sore hari.

Ramuan Rempah-Rempah

Merica merupakan salah satu rempah yang kaya akan kandungan zat-zat yang bermanfaat untuk kesehatan, yaitu minyak atsiri, mangan, senyawa kalamen, kavisin, piperin dan sebagainya (Astawan, 2016: 148-149). Untuk mengobati flu, ambilah bubuk merica, cengkeh, buah pala, bubuk kayu manis masing-masing 1 sendok teh, lalu rebus dengan segelas air hingga mendidih. Saat hangat, saring rebusan tersebut, lalu campur dengan madu.

Nah, mudah kan, membuat ramuan anti batuk-pilek tersebut? Ayo praktikan segera. Namun, jika sakit berlanjut, sebaiknya segera konsultasi dan periksa ke dokter.


Posting Komentar untuk "3 Tips Atasi Batuk Membandel Dengan Obat Tradisional"

banner
banner