Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Dapetin Kulit Putih Kinclong Tanpa Biaya Mahal


Bukan rahasia lagi, setiap wanita, pasti menginginkan memiliki kulit yang bersih, segar dan cerah, bukan? Tetapi, seiring dengan bertambahnya usia, secara otomatis, kulit kita akan mengalami skin aging alias penuaan yang membuat kulit menjadi kusam dan keriput. Skin aging biasanya akan terlihat ketika seseorang memasuki usia akhir 30-an atau 40-an tahun. Namun, karena perawatan yang tidak tepat, kadang pada usia awal 30-an, sebagian dari kita juga mulai merasakan perubahan pada kulit kita.

Sebagian kaum perempuan kadang berdalih, bahwa perawatan kulit itu mahal, karena itu, mereka memilih membiarkan kulit tetap kusam. Sebenarnya, perawatan tubuh tak selalu mahal. Kita bisa melakukannya sendiri dengan memahami empat prinsip perawatan kulit. Menurut Dr. dr. Moerbono Mochtar, Sp.KK, dari FK UNS, ada empat langkah dasar perawatan kulit yang jika dilakukan dengan benar, maka tidak saja akan membuat kulit kita menjadi segar dan cerah, tetapi juga memperlambat penuaan kulit (skin aging). 

Pembersihan (Cleansing)

Pembersihan adalah dasar perawatan yang paling penting, karena dengan pembersihan tersebut, terjadi pengangkatan semua kotoran, minyak, serta sisa make-up dari kulit. Mandi teratur sehari dua kali, berwudhu, membersihkan muka secara teratur dengan krim pembersih dan penyegar, merupakan berbagai bentuk proses cleansing yang populer dan lazim kita lakukan. 

Sabun yang baik untuk pembersihan kulit, sebisa mungkin bukan sabun yang terbuat dari soda (non alkalis) dan ber-pH seimbang, agar fisiologi kulit kita tidak rusak. Pemakaian cleansing milk, cleansing cream, dan sejenisnya dianjurkan terutama untuk mengangkat sisa-sisa make-up. Setelah menggunakan cleansing cream, sempurnakanlah dengan penyegar kulit (freshner). Lakukan secara teratur, kulit kita akan terlihat lebih bersih dan segar.

Pelembaban (Moisturizing) 

Moisturizing alias pelembaban kulit dengan pemberian lapisan lemak tipis (moisturizer), khususnya di bagian muka, agar cairan tubuh tidak menguap sehingga terjadi kekeringan kulit. Muka adalah daerah dari tubuh kita yang tidak tertutup pakaian, sehingga akan lebih mudah terjadi penguapan, khususnya saat siang hari. Bayangkanlah sehelai daun. Jika daun kehilangan air, maka dia akan layu dan kering, begitu juga kulit kita. Jika kulit kamu termasuk kulit kering, pemakaian pelembab  akan sangat efektif. Sedangkan yang berkulit berminyak, sebaiknya tidak usah menggunakan zat ini, karena justru bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan terjadinya jerawat.

Perlindungan (Protection)

Kulit perlu dilindungi dari pengaruh sekitar yang merusak seperti sinar ultraviolet matahari, hawa yang ekstrem (panas atau dingin), angin, kotoran di udara, polusi udara, dan sebagainya. Sebab, hal-hal tersebut bisa merusak kulit kita. Misalnya, saat naik gunung atau berada di daerah yang sangat dingin, biasanya bibir kita akan pecah-pecah, sebab kulit bagian bibir kita sangat tipis.

Proteksi kulit terdiri dari dua jenis, yakni proteksi kimia  dan proteksi fisik. Proteksi kimia lazim disebut sebagai tabir surya (sunscreen), berupa krim yang dilapiskan ke wajah kita. Untuk orang Asia, sebaiknya sunscreen tidak mengandung senyawa PABA (Para Amino Benzoic Acid) beserta segenap keturunannya. Sedangkan proteksi fisik bisa berupa topi, payung, cadar, baju lengan panjang, jilbab, dan sebagainya. Bagi perempuan di daerah padang pasir, seperti timur tengah, memakai cadar bisa menjadi proteksi fisik dari pancaran sinar matahari yang sangat ganas. 

Pengampelasan (Peeling/Thining)

Kulit butuh ‘diampelas’, maksudnya diangkat sel-sel kulit mati beserta kotoran yang menempel kuat di permukaan kulit dan tidak bisa terangkat oleh sabun biasa  atau krim pembersih. Pengampelasan akan membuat kulit terhindar dari kekusaman serta menghilangkan penyumbatan pada pori-pori kulit yang menyebabkan jerawat. 

Pengampelasan bisa dilakukan dengan menggunakan handuk, masker wajah (face mask) atau scrubs cream yang berisi butiran-butiran bulat halus yang berfungsi sebagai pengampelas (abrasivers). Di sabun khusus muka yang dijual di toko-toko, kadang sudah ada yang mengandung scrubs cream. Demikian juga, masker banyak dijual di pasaran. Namun, kita juga bisa membuat masker sendiri dari bahan-bahan alami, misal jagung, pepaya, bengkoang dan sebagainya.

Referensi: LOOK I'M VERY BEAUTIFUL karya Afifah Afra

Buku bisa dibeli di SINI 



Posting Komentar untuk "4 Tips Dapetin Kulit Putih Kinclong Tanpa Biaya Mahal"

banner
banner