Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dipandang Hina, Rumput Ilalang Punya Manfaat Tak Terduga

Rumput ilalang (foto: depositphotos)

Apa sih pentingnya rumput ilalang? Hanya sekadar rumput yang mengotori pekarangan. Kadang kita merasa sebal, sudah capek-capek mencabuti rumput, eh baru dibiarkan beberapa hari, ilalang sudah tumbuh kembali. Memang, selama ini ilalang atau alang-alang memang dianggap sebagai gulma. Bahkan ada herbisida khusus yang digunakan sebagai pembasmi ilalang. 

Sangat mengagetkan, karena tanamana yang dianggap hina ini ternyata memiliki khasiat menakjubkan. Ilalang (Imperata cylindrica), sebagaimana dilansir dari ejournal.litbang.depkes.go.id (20/9/2010), sudah dipakai oleh nenek moyang kita untuk mengobati berbagai macam penyakit. Suku Dayak, di Kalimantan Timur menggunakan akar ilalang, sebagai obat untuk menghentikan perdarahan dan sakit gigi.

Manfaat ilalang untuk kesehatan memang terletak pada akar rimpangnya. Dilansir dari kompas.com (4/9/2009), rimpang ilalang terbukti tidak beracun dan mengandung senyawa arundoin, ferfenol, isoarborinol, silindrin dan skopoletin. Selain itu, juga mengandung senyawa terpenoid iso-arborinol, sedangkan keseluruhan tanaman, baik akar maupun batang, juga kaya akan senyawa manitol, glukosa, sakarosa, asam malat, asam sitrat, coixol, silindrin, fernenol, simiarenol dan anemonin. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat ilalang untuk kesehatan.

Pertama, Menurunkan Tekanan Darah.  

Pengidap hipertensi harus waspada, bahwa tekanan darah tinggi merupakan sebab penyakit stroke, gagal ginjal dan jantung koroner. Dilansir dari  journal.fk.unpad.ac.id (Vo. 47/1/2015), menunjukkan bahwa ekstrak akar alang-alang ternyata memang bisa menurunkan tekanan darah.

Kedua, Mencegah Kanker. 

Kandungan antioksidan yang tinggi pada akar ilalang, sebagaimana tersebut di atas, sangat efektif untuk menahan laju kerusakan sel akibat radikal bebas. Jadi, mengonsumsi akar ilalang bisa mencegah dan menurunkan risiko terkena kanker.

Ketiga, Mencegah Penyakit Ginjal. 

Dilansir dari kompas.com (4/9/2009), rimpang ilalang bisa meluruhkan batu ginjal dan meningkatkan fungsi ginjal. Alang-alang bisa menjaga kesehatan ginjal dengan menurunkan tekanan darah serta sebagai diuretic (peluruh kencing). Saat tubuh mengalami retensi cairan (penumpukan cairan pada tubuh), maka perlu adanya zat yang bisa mempercepat terbentuknya urin.

Bagaimana cara memanfaatkan rimpang ilalang? Cara mengonsumsinya mudah. Cukup rebus segenggam akar ilalang yang sudah bersih dengan air secukupnya, lalu minum air rebusannya secara rutin.

Sebagai catatan, pemakaian tanaman herba untuk kesehatan, sebaiknya hanya sekadar pencegahan terhadap penyakit. Tetaplah berkonsultasi dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. (US).


Posting Komentar untuk "Dipandang Hina, Rumput Ilalang Punya Manfaat Tak Terduga"

banner
banner