Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Khasiat Jahe: Obat Diare Hingga Stres


Bagi masyarakat Indonesia, jahe merupakan tanaman yang tidak asing lagi. Jahe sangat populer, dan bahkan banyak dibudidayakan baik di perkebunan maupun di pekarangan, termasuk di pot-pot. Jahe merupakan salah satu bahan minuman yang digemari. Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale, dan merupakan tanaman yang khasiatnya sungguh melimpah. Berikut ini adalah 7 khasiat jahe yang luar biasa, mulai dari obat diare hingga penyakit yang lebih berat seperti kanker.

1. Obat Diare 

Mengapa jahe bisa meredakan diare? Pada jahe terdapat senyawa fitokimia yang bersifat antidiare, yakni mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare dan memblokir zat beracun yang dihasilkan bakteri. Jahe juga mengatasi kembung dan mual yang biasanya juga terjadi saat diare, selain juga mampu mengatasi kekejangan otot di pencernaan bagian bawah, sehingga tubuh lebih mudah mengeluarkan kuman yang menjadi sumber diare.

2. Obat Batuk

Jahe juga dikenal luas sebagai obat yang bisa meredakan batuk. Cara memanfaatnya cukup mudah. Ambillah beberapa ruas rimpang jahe, cuci bersih, lalu rebus dengan dua gelas air hingga mendidih. Masukkan pula beberapa lembar daun sirih. Setelah mendidih, saringlah. Air yang sudah disaring bisa dicampur dengan sesendok madu, lalu diminumkan separuh untuk pagi, separuhnya sore hari.

3. Obat Asam Urat

Jahe, khususnya jahe merah, yang memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi, bisa mengurangi rasa nyeri akibat radang pada persendian yang terjadi karena asam urat. Cara menggunakannya sama dengan cara memanfaatkan untuk obat batuk.

4. Mengobati Jerawat

Jahe juga dikenal mampu mengatasi problem jerawat. Dilansir dari boldsky.com ((4/12/2017) jahe bisa membantu mengobati jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Caranya mudah, haluskan jahe secukupnya, dan oleskan di jerawat atau bekas jerawat, maka senyawa antiseptic pada jahe akan pelan-pelan menghilangkan jerawat serta bekasnya.

5. Mempercantik Kulit

Salah satu problem kulit adalah munculnya keriput. Nah, masih menurut boldsky.com, dengan menggunakan masker jus jahe yang dicampur air mawar dan madu, ternyata kulit akan menjadi lebih kenyal, sehat dan bercahaya.

6. Mengurangi dan Mencegah Penyakit Kanker

Jahe juga dikenal memiliki aktivitas anti kanker. Senyawa pada jahe bisa membunuh sel-sel kanker prostat, kanker ovarium dan kanker kolorektal. Hal ini disebabkan karena jahe ternyata efektif membunuh sel-sel kanker.

7. Mengobati Stres

Stres psikologis,  ternyata mampu diatasi dengan kandungan antioksidan yang terdapat pada jahe. Selain itu, efek hangat saat meminum air jahe, sangat baik untuk meningkatkan semangat dan mood positif. 

Nah, itulah 7 khasiat emas jahe. Coba, yuk! [US].


 

Posting Komentar untuk "7 Khasiat Jahe: Obat Diare Hingga Stres"

banner
banner