Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sedang Trend, Cincin Kawin Palladium, Minat?

Cincin Palladium

Suatu hari, seorang suami menyodorkan sebuah kotak perhiasan kepada istrinya. Wajahnya menatap dengan mulut tersenyum. “Ma, ini hadiah ulang tahun pernikahan kita, coba lihat, bagus, kan?”

Sang istri menatap isi kotak perhiasan itu. Isinya selingkar cincin putih. 

“Perak ini, ya, Pa?” tanyanya, sedikit heran. 

Tumben sang suami yang cukup tajir dan biasa memberikan hadiah-hadiah mahal itu memberinya cincin perak. Bukan berarti dia tidak suka dengan perak, namun rasanya agak aneh. Bukankah selama ini sang suami tak pernah tanggung-tanggung jika memberi hadiah untuknya.

“Bukan perak, Ma,” sang suami tertawa. “Ini palladium.”

“Palladium?” kening sang istri berkerut. 

Cincin palladium? Mungkin Anda masih asing dengan kata palladium. Sebagaimana dilansir pubchem.ncbi.nlm.nih.gov (retrieved 16/1/2018), palladium merupakan salah satu unsur kimia, dengan simbol Pd. Bentuknya putih berkilau seperti perak. Sama dengan emas dan platina, menurut orori.com (retrieved 16/1/2018), palladium juga digolongkan  dalam logam mulia, karena tahan terhadap korosi dan oksidasi, sehingga logam ini relatif awet hingga berabad-abad. 

Bukan hanya Anda, bahkan toko-toko perhiasan pun masih ada yang belum familiar dan menolak membeli logam jenis ini. Bisa jadi karena hingga saat ini, di Indonesia belum ada tambang palladium, meskipun di berbagai daerah, seperti Sulawesi, Kalimantan dan Maluku konon memiliki potensi palladium.

Padahal, palladium adalah salah satu jenis logam mulia yang mulai ngetren di kalangan masyarakat. Mengapa palladium mulai diminati? Ada beberapa sebab.

Pertama, palladium memiliki keindahan yang alamiah dan klasik. Sekilas, paladium mirip dengan platina, namun menurut situs orori.com (22/1/2016), palladium lebih lembut daripada platina sehingga lebih mudah tergores dibandingkan platina yang sangat keras.

Namun, ini alasan kedua, secara biaya, palladium lebih terjangkau dibandingkan dengan platina yang harganya masih relatif mahal. Harga palladium di pasaran, sekitar separuh dari platina. Dilansir dari situs cincinkawincenter.com (retrieved 16/1/2018), harga platina per gram sekitar Rp 800 ribu, sedangkan palladium Rp 430 ribu. 

Memang, secara kualitas, platina jelas lebih bagus dibandingkan palladium, akan tetapi, dengan budget yang terjangkau, palladium bisa menjadi alternatif bahan perhiasan yang cukup berkualitas, apalagi, sekilas juga tak terlalu berbeda jauh dengan platina.

Maka, saat ini palladium menjadi logam yang cukup diminati pasangan-pasangan baru yang ingin memesan cincin kawin, ataupun pasangan-pasangan lama yang ingin mengabadikan kedalaman kasih sayangnya dalam bentuk cincin. 

Bagi muslim, Palladium juga difavoritkan, karena dalam ajaran agama ini, ada larangan bagi pengantin pria untuk menggunakan perhiasan emas.

Minat mencari cincin palladium? Jangan khawatir, meski belum semua toko perhiasan menjual logam jenis ini, cincin sudah bertebaran di internet dan bisa dipesan secara online. Khawatir ukurannya tidak pas dengan jari? Jangan khawatir juga, karena toko-toko online yang menjual cincin ini biasanya meminta ukuran jari kita.

Mau mencoba? Ayo saja! [YM].

Posting Komentar untuk "Sedang Trend, Cincin Kawin Palladium, Minat?"

banner
banner