Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat dan Manfaat Biji Nangka, Sungguh Tak Terduga!


Zaman saya bocah, keluarga kami memiliki langganan pedagang buah yang sangat baik. Beliau sering memberi bonus kepada kami jika membeli buah di sana. Bonus yang menjadi favorit kami adalah biji nangka.

Mungkin Anda bertanya-tanya. Biji nangka? Buat apa? Tunggu! Biji nangka yang direbus hingga lunak dan diberi sedikit garam adalah favorit keluarga kami. Menurut ayah saya, biji nangka mengandung banyak khasiat, kaya protein dan sangat bagus dikonsumsi. Selain itu, rasanya juga tak kalah lezat dibandingkan dengan buah nangka itu sendiri.

Nangka (Artocarpus heterophyllus), merupakan pohon yang sangat banyak tumbuh di Indonesia. Selama ini, kita lazim mengonsumsi buahnya saat masak yang berwarna kuning, dengan rasa sangat manis. Sedangkan nangka muda biasa dikonsumsi sebagai sayur gudhek, yang juga merupakan kuliner khas Jawa, khususnya daerah Yogyakarta dan Solo Raya. Sayangnya, biji nangka biasanya justru dibuang begitu saja, padahal biji nangka mengandung khasiat yang tak terduga. Apa saja khasiat dan cara memanfaatkannya?

Sumber Protein, Karbohidrat, Mineral dan Vitamin

Menurut penelitian Salma Hayati (2009) dari Universitas Sumatera Utara, dalam 100 gram biji nangka, terdapat kandungan gizi berupa 36,7 gram karbohidrat; 4,2 gram protein; 0,1 gram lemak; Serta kandungan zat besi, fosfor, kalsium, vitamin B1 dan vitamin C.

Bisa kita pahami mengapa kandungan gizi biji nangka cukup banyak, karena biji nangka harus memberikan nutrisi kepada tanaman baru yang terbentuk sampai cukup kuat dan bisa mencari nutrisi sendiri. Berdasarkan kandungan gizi tersebut, sesungguhnya biji nangka merupakan bahan pangan yang cukup bagus untuk masyarakat. 

Pemanfaatan biji nangka sebagai bahan pangan bisa dengan direbus, dipanggang atau dibakar hingga dagingnya lunak, dan dimakan seperti biasa. Bisa juga dijadikan tepung, dengan cara dijemur hingga kering, lalu ditumbuk halus. Tepung tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat aneka macam makanan, misalnya roti bolu, pudding, roti tart dan sebagainya.

Sebagaimana dilansir dari fmipa.uny.ac.id (23/2/2011), biji nangka bisa difermentasi menggunakan ragi menjadi tempe dengan bahan biji beton. Sedangkan menurut Iqbal Nusa dkk, sebagaimana dipublikasikan di jurnal ilmiah Agrium (vol. 19/no. 1/10/2014), biji nangka juga bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan dodol, yoghurt, minuman instan dan sereal instan.

Sebagai Pencegah Berbagai Penyakit 

Biji nangka, ternyata juga mampu menjadi pencegah berbagai penyakit berat. Dilansir dari situs ccrc.farmasi.ugm.ac.id (retrieved 3/9/2017), bioaktivitas nangka, terbukti secara empirik sebagai antikanker, antivirus, antiinflamasi, diuretil, dan antihipertensi (Ersam, 2001). Sedangkan menurut Kompas.com (05/05/201), biji nangka bisa mencegah konstipasi (pengerasan tinja sehingga sulit dikeluarkan), dan juga bisa menjadi obat anemia karena kandungan zat besinya yang cukup tinggi.

Untuk mencegah aneka penyakit tersebut, biji nangka bisa dikonsumsi sebagaimana disebutkan di bagian atas, misal direbus, dipanggang atau diolah sebagai bahan makanan lainnya.

Pembuatan Bioetanol

Biji nangka juga bisa menjadi salah satu bahan pembuatan energi alternatif berupa bioetanol. Berdasarkan penelitian Agung Purwanto sebagaimana dimuat di eprints.undip.ac.id (retrieved 3/9/2017), ada tahap-tahap pembuatan bioetanol dari biji nangka. 

Awalnya, biji nangka dipotong-potong dan dijemur hingga kering, lalu dihaluskan menjadi tepung. Tepung dimasak dengan tambahan air menjadi semacam bubur, lalu difermentasi menggunakan ragi selama 24 jam. Setelah itu, dilakukan fermentasi tahap kedua sehingga bisa didapatkan etanol. Jika Anda pernah membuat tape, caranya hampir mirip. Etanol yang terbentuk bisa dimurnikan lagi dengan cara destilasi.

Untuk Kecantikan Wajah

Biji nangka juga bisa menjadi bahan pembuat masker yang bisa mencerahkan kulit, mengangkat tumpukan sel kulit mati, dan juga mencegah keriput alias membuat kulit menjadi lebih kencang. Caranya, keringkan biji nangka dengan cara dipanggang di oven, lalu haluskan. Campur dengan madu dan perasan jeruk nipis, lalu balurkan ke wajah secara merata. Biarkan sekitar 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Lalukan seminggu sekali secara rutin.

Demikianlah beberapa khasiat tak terduga dari biji nangka. Jadi, jangan buang biji nangka. Manfaatkan khasiatnya yang luar biasa. Selamat mencoba! [US]

Penulis: Yeni Mulati Sucipto.

Posting Komentar untuk "Khasiat dan Manfaat Biji Nangka, Sungguh Tak Terduga!"

banner
banner