Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kiat Memiliki Jantung Sehat, Awas Jangan Terlewat!

Jantung Sehat

Satu dari tiga kematian di dunia ini, menurut data WHO (2021) ternyata disebabkan oleh penyakit jantung. Lebih lanjut, menurut WHO, pada tahun 2021, sebanyak 17,8 juta orang meninggal karena penyakit ini. Sungguh mengerikan, bukan?

Kita bisa membuktikan, di sekitar kita, banyak berita kematian, dan tak jarang penyebabnya adalah karena penyakit tersebut. Jadi, tak ayal lagi, memiliki dan mempertahankan jantung kita agar selalu dalam kondisi sehat, merupakan hal penting untuk kesejahteraan manusia secara keseluruhan. Bagaimana cara memiliki jantung sehat?

Lima kiat di bawah ini bisa kita coba agar kita bisa memiliki jantung yang sehat. Kita coba, yuk!

Diet yang Seimbang

Kesehatan jantung sangat dipengaruhi oleh diet yang tepat dan seimbang. Tumpukan kolesterol, bisa menciptakan plak yang membuat pembuluh darah di sekitar jantung menyempit, dan berisiko menyebabkan penyakit jantung koroner. Makanan sehat juga bisa menetralkan tekanan darah, sehingga baik untuk jantung.

Untuk membersihkan kolesterol jahat dan menetralkan tekanan darah, asuplah lebih banyak makanan berupa buah-buahan, sayur-mayur, biji-bijian, protein tanpa lemak jahat, dan juga lemak sehat seperti yang ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan. Kurangi semaksimal mungkin asupan lemak jenuh, juga makanan yang tinggi natrium, dan gula, apalagi pemanis buatan. 

Rajin Olahraga dan Aktivitas Fisik

Olah raga, olah raga, olah raga! Jangan mager! Sedentary lifestyle atau pola hidup malas gerak, telah menurunkan dengan signifikan kondisi kesehatan masyarakat. Mari melibatkan diri dalam kegiatan fisik dan olahraga yang teratur untuk menjaga jantung Anda tetap kuat dan meningkatkan sirkulasi darah. Dalam satu minggu, lakukan olahraga total 150 menit untuk aktivitas aerobik dengan intensitas sedang, misal senam atau jalan sehat, atau 75 menit dengan intensitas yang kuat misal lari. Menurut American College of Sports Medicine (ACSM), olahraga 150 menit tersebut sebaiknya dilakukan dalam 3 kali, sehingga paling tidak, dalam 1 minggu kita berolahraga masing-maisng 50 menit selama tiga kali dengan jarak waktu yang seimbang, misal Minggu, Selasa dan Kamis.

Menjaga Berat Badan Agar Langsing

Ketika banyak orang mengingatkan kita untuk tidak terlalu gemuk, itu bukan soal body shaming ya, meski kadang memang ada unsur hinaan. Ambil saja sisi positifnya. Terlalu gemuk memang berbahaya bagi kesehatan kita. Banyak riset menyebutkan bahwa orang yang langsing memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih rendah. Berat badan ideal untuk laki-laki dan perempuan tentu berbeda. Silakan cek tabel berikut ini!



Mengelola Stres

Stres sebenarnya positif, asal tak terjadi terus menerus. Akan tetapi, stres yang bersifat kronis alias terus-menerus, akan berefek negatif pada kesehatan jantung. Yuk, kelola stres dengan melakukan relaksasi, meditasi, pernapasan dalam, yoga, atau menekuni hobi yang menyenangkan. Kondisi tubuh yang tidak stres biasanya memiliki tekanan darah dan detak jantung yang normal.

Hindari Sama Sekali: Rokok dan Alkohol

Ada perbedaan pendapat tentang rokok di kalangan para ahli agama. Ada yang mengharamkan secara mutlak, ada yang memakruhkan. Sementara, alkohol semua sepakat haram. Kedua sama-sama buruk bagi kesehatan. Merokok meningkatkan faktor risiko terserang penyakit jantung, jadi berhenti merokok adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk jantung Anda. Demikian juga, mengonsumsi alkohol yang berlebihan akan menimbulkan masalah besar bagi kesehatan jantung. 

Itulah beberapa tips agar memiliki jantung yang sehat. Jika ingin info yang lebih detil, Anda bisa berkonsultasi dengan para profesional di bidang kesehatan. [YMS].


Posting Komentar untuk "5 Kiat Memiliki Jantung Sehat, Awas Jangan Terlewat!"

banner
banner