Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buah Naga Merah vs Putih, Mana Lebih Baik Untuk Kesehatan?


Suka makan buah naga? Selain rasanya lezat dan segar, buah naga juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa tahun terakhir ini, buah naga menjadi buah yang ngetren dan difavoritkan oleh banyak orang. Hal ini disebabkan karena mulai banyak petani yang menanam buah ini di Indonesia. Karena panen berlimpah, maka menemukan buah ini di toko-toko buah bukan lagi perkara sulit.

Sekilas, jika melihat namanya, orang akan berasumsi bahwa buah ini berasal dari negara Tiongkok yang identik dengan istilah naga. Padahal, menurut setus en.vietdragonfruit.com (30/10/2015), buah naga justru berasal dari Meksiko dan Kolombia. Tetapi, orang-orang Perancis membawa tanaman ini ke Vietnam sekitar seabad silam. Sejak saat itu, buah naga mulai menyebar ke seluruh Asia.

Secara taksonomi, buah naga atau dragon fruit merupakan keluarga dari Cactaceae (kaktus-kaktusan), dengan genus Hylocereus. Adapun spesies buah naga memiliki nama latin Hylocereus undatus (buah naga putih) dan Hylocereus polyrhizus (buah naga merah). 

Buah naga, selain lezat dan segar, juga memiliki kandungan gizi yang sangat kaya. Buah naga mengandung protein, air (87%), karbohidrat, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, kalsium, vitamin C, Zat Besi, serta kaya akan serat.

Selain itu, buah naga juga sangat baik untuk kesehatan. Situs organicfacts.net (20/12/2017) menyebutkan, bahwa buah naga berkhasiat memperkuat imunitas tubuh, kaya vitamin, melancarkan pencernaan, mencegah kanker, bersifat antibakteri, meningkatkan metabolisme dan menjaga kesehatan jantung.

Saat ini, kita mengenal beberapa jenis buah naga, yang paling banyak di pasaran adalah buah naga merah (Hylocereus polyrhizus) dan buah naga putih (Hylocereus undatus). Sama enaknya, sama segarnya, lebih bagus mana untuk kesehatan? 

Menurut jurnal.usu.ac.id (30/1/2018), warna merah pada buah naga merah disebabkan karena adanya pigmen antosianin yang cukup dominan. Pigmen ini termasuk dalam golongan flavonoid. Sebagaimana dilansir dari jurnal.ugm.ac.id (retrieved 30/1/2018), antosianin merupakan senyawa yang bisa bersifat antioksidan, antimutagenik, dan antikarsinogenik. 

Dengan demikian, kandungan zat antioksidan pada buah naga merah jelas lebih kuat daripada buah naga putih. Jadi, mari lebih banyak konsumsi buah naga merah, karena manfaat kesehatannya lebih bagus. Tetapi, secara umum, kedua buah ini tetap sangat baik untuk kesehatan.

Jadi, jangan ragu menyantap buah ini, ya. 

Penulis: Yeni Mulati.

Posting Komentar untuk "Buah Naga Merah vs Putih, Mana Lebih Baik Untuk Kesehatan?"

banner
banner