Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Kiat Tetap Ceria Meski Stres Terus Mendera #2


Jangan sepelekan stres, sebab stres bisa memicu depresi. Yuk, atasi stress yang mendera kita dengan 9 aktivitas mudah ini.

Kiat 1

Ubah persepsi kita tentang depresi. Jadikan tekanan yang menimpa kita sebagai suatu hal yang biasa. Sebab, menurut Harry Mills, P.Hd sebagaimana dilansir dari mentalhelp.com (30/6/2008), stress is not always a bad thing. Stres tidak selalu buruk, dan kadang merupakan salah satu latihan bagi psikis kita agar semakin kuat dan tahan banting. Mempersepsikan stres dengan terlalu lebai, akan membuat kita semakin tenggelam dalam depresi yang berat.

Kiat 2

Biasakan berjalan kaki di sekitar kompleks rumah kita. Lakukan sekitar 10 hingga 15 menit setiap pagi. Selain bisa membakar lemak dan menguatkan tulang serta jantung, ternyata jalan kaki bisa mengobati depresi. Sambil jalan kaki, kita bisa bersenandung atau menggerak-gerakan tangan ke kanan dan ke kiri.

Kiat 3

Di tengah kesibukan yang tiada henti, sempatkan waktu untuk diri sendiri alias “me time”. Lakukan hal-hal yang menurut kita paling menyenangkan, seperti berenang, senam, menggambar, menulis cerpen, baca buku, menari disko, atau memasak makanan kesukaan.

Kiat 4

Sesekali, ajaklah teman-teman Anda, khususnya yang jarang sekali bertemu karena kesibukan yang berjibun untuk reuni dan hang out bersama. Kita menonton film kesukaan di bioskop atau menjajal menu baru di restoran favorit sembari ngobrol-ngobrol. 

Kiat 5

Pergilah untuk piknik, dan sebagaiknya piknik yang bersifat outdoor dan membuat kita benar-benar rileks. Tak salah mencoba wisata adventure, karena bisa membuat kita benar-benar enjoy. Misalnya rafting (arung jeram), tubing (menyusuri sungai dengan ban), naik gunung atau snorkling (selam dangkal) di pantai-pantai favorit.

Kiat 6

Berselancarlah di media sosial, sapalah teman-teman yang sudah lama tidak kita sapa. Tanyakan kabarnya, dan mintalah dia bercerita yang lucu-lucu. Awas, jangan sampai keliru mengontak mantan, ya? Meski happy, nanti endingnya bakal berbahaya.

Kiat 7

Lakukan pernapasan di waktu yang lapang. Bersilalah, letakkan telapak kaki di atas paha, dan telapak tangan di atas lantai. Ambil napas panjang, tahan, teruskan ke perut, lalu hempuskan pelan-pelan. Lalukan sekitar 7-10 kali. Tubuh kita akan terasa ringan, beban berat seperti terbang melayang. Fresh sekali.

Kiat 8

Dekorlah suasana kantor dengan sesuatu yang menyenangkan. Misal cat ruangan dibuat berwarna-warni, diberi tulisan-tulisan penyemangat dan sebagainya. Juga adanya musik lembut yang mengalun perlahan. Kita bisa diskusikan hal tersebut kepada atasan kita. Jika memang dianggap bisa memacu kinerja karyawan, pasti atasan tidak berkeberatan.

Kiat 9

Perkuat kehidupan spiritualitas kita dengan rajin beribadah. Adukan permasalahan hidup kita kepada Sang Pencipta, dan berdoalah agar mendapatkan jalan keluar.

Sembilan hal tersebut, jika kita terapkan dalam kehidupan kita, akan sangat membantu kita untuk bisa bertahan mengatasi tekanan-tekanan kehidupan di kota yang supersibuk dan tumpukan pekerjaan yang seakan tiada jedanya. Selamat mencoba!

Penulis: Yeni Mulati


Posting Komentar untuk "9 Kiat Tetap Ceria Meski Stres Terus Mendera #2"

banner
banner