Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kandungan Gizi Bayam: Sangat Kaya Nutrisi, Keren!

Bayam, sebuah kata yang familiar. Bagi orang Indonesia, makan sayur bayam pasti bukan hal yang luar biasa, bukan? Bagi yang tinggal di pedesaan, bayam tumbuh di mana-mana, kadang tumbuh begitu saja tanpa kita merasa telah menanamnya. Di perkotaan, apalagi kota besar, mungkin sulit didapatkan pohon bayam. Tetapi, di pasar-pasar, sayur bayam sangat mudah diperoleh dengan harga relatif murah.

Sayangnya, anak-anak sekarang banyak yang tidak suka sayuran, termasuk bayam. Mereka lebih suka makanan instan. Padahal, kandungan gizi bayam sangat dahsyat, lho. Saking kerennya bayam, orang Amerika sampai membuat tokoh fiksi jagoan bernama Popeye yang sangat suka makan bayam. Konon, ini juga dipakai untuk kampanye makan bayam, karena anak-anak Amerika saat itu tidak suka makan sayur bayam.


Bayam sangat istimewa karena memiliki kandungan mineral dan vitamin yang sangat kaya. Mineral-mineral penting yang ada di dalam bayam di antaranya zat besi, kalsium, magnesium, natrium/sodium, kalium/potasium, fosfor, zinc/seng dan sebagainya. Mineral-mineral ini tentu sangat dibutuhkan tubuh. Sebagai contoh, zat besi sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan hemoglobin pada sel darah merah. Maka, orang yang kekurangan zat besi biasanya akan mengalami anemia. Sebab hemoglobin sangat-sangat penting, karena jika rendah, darah tidak bisa membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Vitamin-vitamin dalam bayam juga kaya, seperti vitamin C, asam folat, vitamn B, riboflavin dan sebagainya. Asam folat merupakan salah zat sangat penting bagi ibu hamil. Kekurangan asam folat pada ibu hamil, bisa menyebabkan cacat pada otak janin.

Apa saja kandungan gizi bayam? Berikut ini daftar nutrisi yang terkandung dalam 100 gram bayam (mentah, atau dimasak dengan baik, tidak sampai rusak, dianjurkan hanya merebus sebentar saja), sebagaimana dilansir dari US Department of Agriculture (USDA).

Air: 92,5 gram

Energi: 27 kkal

Nitrogen: 0,46 gram

Protein: 2,85 gram

Lemak: 0,62 gram

Abu: 1,6 gram

Karbohidrat: 1,56 gram

Serat kasar: 1,6 gram


MINERAL

Kalsium (Ca): 68 mg

Besi (Fe): 1,26 mg

Magnesium (Mg): 92,9 mg

Fosfor (P): 29 mg

Potasium (K): 582 mg

Sodium (N): 111 mg

Zinc (Zn): 0,45 mg

Tembaga (Cu): 0,082 mg

Mangan (Mn): 0,488 mg

Yodium (I): < 10 µg

Selenium (Se): <2,5 µg


VITAMIN

Vitamin C: 26,5 mg

Thiamin: 0,077 mg

Riboflavin: 0,194 mg

Niacin: 0,0551 mg

Vitamin B-6: 0,192 mg

Biotin: 2 µg

Asam folat: 116 µg

Vitamin A: 283 µg

Lutein + zeaxanthin: 6020 µg 

[US].

Posting Komentar untuk "Kandungan Gizi Bayam: Sangat Kaya Nutrisi, Keren!"

banner
banner