Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rayakan Idul Adha dengan Nasi Kebuli, Ini Resepnya!


Sedang banyak daging di kulkas, dan bingung mau masak apa? Sate sudah, rendang bosan, gulai apalagi. Terus, masak apa, dong?

Kali ini, KS akan memaparkan tentang cara memasak nasi kebuli berikut pernak-pernik pelengkapnya. Sebagaimana dilansir dari Kompas.com (21/02/2009), nasi kebuli diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia melalui orang-orang Kerala, India, yang dibawa oleh para pedagang Gujarat atau orang Koja ke Indonesia sebagai juru masak yang piawi. Lambat laun, nasi kebuli pun mulai dikenal masyarakat nusantara saat itu. Nasi kebuli semakin tersebar luas setelah kedatangan orang-orang Yaman Selatan atau Hadramaut ke Indonesia.

Sangat menarik, karena sebagaimana dikutip dari travel.kompas.com (04/03/2017), menurut Khilda Thalib dari Restoran Timur Tengah Al Jazeerah, ternyata nasi kebuli itu cuma di Indonesia saja. Mungkin, menurut Khilda, karena di Arab sana, nasi kebuli lebih dikenal dengan nama nasi kabli. 

Baiklah, tak usah berpanjang kata, mari kita mulai memasak nasi kebuli. Untuk praktisnya, nasi bisa dibuat dengan menggunakan rice cooker. Resep ini KS ringkas dan kembangkan dari beberapa website seperti selerasa.com, cookpad.com, happyfresh.id, juga wawancara dengan beberapa pelaku bisnis kuliner seperti Dinar Katering Solo, Nasi Kebuli Mbah Sholeh Solo, dan pengalaman pribadi.

BAHAN-BAHAN

  • 500 gram daging kambing dan sekitar 250 gram tulang iga kambing (kalau tidak ada kambing, bisa diganti daging sapi)
  • 1 kg beras, pilih yang kualitas unggul, sehingga pulen saat ditanak. Kalau ada beras basmati tentu lebih bagus.
  • Santan 1,5 butir kelapa, atau sekitar 3 gelas (750 cc). Kalau tidak mau memakai santan, juga tidak apa-apa, tapi rasanya kurang mak nyuus!
  • Air secukupnya

BUMBU 

Kekhasan dari nasi kebuli adalah bumbu rempah yang sangat kaya. Berikut ini adalah bumbu-bumbu yang dibutuhkan. Anda bisa mengurangi atau menambahkan bumbu ini sesuai selera.

  1. Sebutir bawang Bombay besar, silakan iris tipis-tipis
  2. 3 batang jahe
  3. 3 batang sereh, memarkan
  4. 5 buah bunga lawang
  5. 2 batang kayu manis, dengan panjang sekitar 10 cm
  6. 10 butir cengkeh
  7. 10 butir kapulaga
  8. 3 sendok makan mentega
  9. 1 Butir biji pala
  10. 8 butir bawang merah
  11. 8 butir bawang putih
  12. 1 sendok teh merica, atau bubuk merica halus
  13. 1,5 sendok makan ketumbar halus
  14. Garam secukupnya

CARA MEMASAK NASI KEBULI

1. Rebuslah daging kambing hingga empuk, lalu tiriskan. Pisahkan kaldu dan kambingnya.

2. Haluskan bumbu-bumbu: bawang merah, bawang putih, pala, 1 sendok makan ketumbar, merica, jahe

3. Tumislah bumbu halus tersebut dengan mentega hingga tercium bau khas, tuangkan kaldu kambing dan santan, serta bumbu-bumbu lain.

4. Masukkan beras ke rice cooker, campurkan dengan larutan bumbu, kaldu kambing dan santan tersebut. Bisa ditambahkan air secukupnya jika  dirasa masih kurang.

5. Tunggu hingga nasi matang

6. Kambing yang sudah direbus diberi garam dan setengah sendok makan bumbu ketumbar halus secukupnya, lalu goreng hingga matang. Daging kambing goreng ini akan menjadi lauk untuk nasi kebuli yang kita masak.

7. Bisa juga ditambahkan acar mentimun atau sambal goreng kentang.

Nah, hidangan nasi kebuli khas Timur Tengah yang hot dan yummy sudah tersaji di rumah kita. Selamat bersantap, dan selamat berlebaran dengan rasa Yaman Selatan atau Kerala.

Kontributor: YMS

Posting Komentar untuk "Rayakan Idul Adha dengan Nasi Kebuli, Ini Resepnya!"

banner
banner