Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Minta Kesehatan, Yuk Dibaca Agar Sehat Senantiasa


Ilmu pengetahuan dan teknologi memang telah berkembang dengan sangat pesat. Termasuk dalam dunia medis. Dalam satu abad terakhir, dunia pengobatan telah memasuki fase-fase yang sangat menakjubkan. Namun, di sisi lain, penyakit juga semakin banyak. Bahkan terakhir ini, kita dikejutkan dengan pandemi Covid-19 yang sangat mengerikan dan memakan korban hingga jutaan jiwa. Saat ini, meski pandemi telah mulai mereda, penyakit Covid-19 belum sepenuhnya hilang.Virus Corona telah bermutasi menjadi sekian banyak varian.

Sebagai seorang yang beragama, kita percaya bahwa selain ikhtiar pengobatan medis, berdoa kepada Allah SWT juga harus senantiasa dilakukan. Sebab, Allah SWT-lah yang telah menghadirkan penyakit. Atas kehendak-Nya pulalah kita sakit, dan atas izin-Nya pula kita diberikan kesembuhan.

Salah satu doa yang cukup terkenal adalah doa yang sering dibawa Rasulullah SAW saat dzikir pagi dan petang. 

"Allahumma 'aafinii fii badanii allahumma 'aafinii fii sam’i allaahumma 'aafini fii bashari la ilaaha illa anta"

Artinya: "Ya Allah, berilah kesehatan untukku pada badanku. Ya Allah, berilah kesehatan untukku pada pendengaranku. Ya Allah, berilah kesehatan untukku pada penglihatanku. Tiada sesembahan kecuali engkau."

Doa ini merupakan sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani dari Abdurrahman bin Abi Bakrah. Rasulullah biasa menguapakn doa ini di waktu pagi dan petang, bersama doa-doa ma'tsur lainnya yang biasa disebut sebagai Al-Ma'tsurat.

Yuk, senantiasa berdoa kepada Allah SWT, agar kita semua diberikan kesehatan lahir dan batin.

Sumber:
Al-Banna, Hasan.  (2022). Al-Matsurat. Solo: Indiva Media Kreasi.
Kemenag RI. (2013). Kumpulan Doa Sehari-hari. Jakarta: Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI.

Posting Komentar untuk "Doa Minta Kesehatan, Yuk Dibaca Agar Sehat Senantiasa"

banner
banner