Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bau Mulut Saat Puasa? Inilah 6 Trik Menghilangkannya

Gambar: iStock

Sering mencium bau tak sedap dari mulut kita saat berpuasa? Sebenarnya ini merupakan masalah biasa. Masalah bau mulut atau halitosis merupakan hal yang sering terjadi saat berpuasa. Kondisi mulut yang kering dan asam, memicu aroma tak sedap yang membuat kita tidak percaya diri. Meski ada hadist yang menyebutkan bahwa bagi Allah SWT, bau mulut orang berpuasa seharum kesturi, bukan berarti kita tidak berusaha mengatasinya kan? 

Ada beberapa tips mengatasi bau mulut saat puasa, sebagaimana tercantum di bawah ini.

1. Jangan tidur setelah shalat subuh, sebab akan membuat tubuh menjadi asam dan membuat mulut sangat bau. Jika Anda sangat mengantuk dan kebetulan juga libur, jedalah setidaknya jarak 2 jam setelah makan sahur, supaya sistem pencernaan kita bekerja mencerna makanan yang kita santap saat sahur. 

2. Minumlah air putih dengan cukup, yakni 8 gelas. Saat sahur, setidaknya 2 gelas air putih kita minum sebelum dan sesudah makan.

3. Perbanyak buah dan sayur. Menurut situs 19twentythree.com (17/6/2015), serat pada sayur merupakan pembersih gigi yang alami, juga bersifat antioksidan yang sangat penting untuk kesehatan mulut. Salah satu sayur yang baik untuk menghilangkan bau badan dan mulut adalah daun kemangi. 

4. Berkumurlah dengan menggunakan beberapa butir cengkih yang direndam dengan air hangat usai makan sahur.

5. Pastikan kita telah menyikat gigi dengan baik dalam waktu cukup. Tak ada sisa makanan yang melekat di sela-sela gigi atau gusi.  Menurut drmichaels.com (3/6/2017), sikat pula lidah kita dengan sikat khusus saat kita membersihkan mulut, sebab bau mulut kebanyakan berasal dari tumpukan kotoran di lidah.

6. Gosok gigi saat sedang berpuasa, menurut situs konsultasisyariah.com (8/8/2011) juga tidak diharamkan, sebab tak ada hadist yang melarang secara khusus. Syaratnya tidak boleh ada air yang terminum. Jadi, setelah menyikat gigi, harus segera mengeringkan mulut.

Selamat mencoba!

[US].

Posting Komentar untuk "Bau Mulut Saat Puasa? Inilah 6 Trik Menghilangkannya"

banner
banner