Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vaksin Corona Sudah Bisa Untuk Anak Usia Mulai 6 Tahun


Selasa, 28 Desember 2021 merupakan hari istimewa untuk Fatih (6 tahun). Siswa kelas TK B PAUD IT Nurhidayah Kota Surakarta itu akan disuntik vaksin Sinovac. Program tersebut dikoordinasikan oleh pihak sekolah. Pelaksanaannya di RS Onkologi Solo yang berlokasi di Jalan Siwalan, Kerten. Diantar oleh ibunya, Fatihan memasuki ruang vaksinasi dengan riang. Ketika jarum suntik menusuk lengannya, dia tampak mengernyitkan mata sesaat, namun setelah itu, dia terlihat ceria kembali. Tak ada tanda-tanda bahwa dia takut.

"Aku ingin sehat, nggak mau kena korona," katanya kepada KS. Setelah vaksin, Fatih pun bermain dengan kakak-kakaknya. Setelah dikonfirmasi ke pihak orangtua Fatih, beberapa hari kemudian, "Alhamdulillah, tidak ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI)", begitu kata sang ibu, beberapa saat sebelum dituliskannya berita ini.

Vaksin Covid-19 untuk anak mulai dilakukan pertama kali pada 14 Desember 2021. Menurut rilis dari Kemenkes RI, ada 26,5 juta anak usia 6 sampai 11 tahun menjadi sasaran dari program ini. 

Dilansir dari kemkes.go.id (12/12/2021), vaksin yang digunakan untuk sementara ini adalah jenis Sinovac dan sudah punya Emergency Use Autorization (EUA). Sebanyak 6,4 juta dosis vaksin Sinovac yang akan digunakan hingga akhir Desember 2021. Vaksin disesuaikan dengan dosis anak. Penyuntikan vaksin dilakukan dengan intramuskular atau injeksi ke dalam otot tubuh di bagian lengan atas dengan dosis 0,5 mili. Vaksinasi diberikan sebanyak 2 kali dengan interval minimal 28 hari. 

Dalam pantauan KS, baik SD maupun PAUD di kota Surakarta sudah mulai melakukan program vaksinasi ini. Hal ini merupakan informasi yang baik, mengingat sebentar lagi siswa akan mulai masuk sekolah. Semoga kegiatan belajar mengajar bisa berlangsung dengan lancar dan normal sebagaimana sebelum pandemi.

Sementara, kasus positif Covid-19 di Indonesia pun semakin menurun. Berdasarkan info dari worldometers.info, pada 29 Desember 2021, terdapat 194 kasus positif di Indonesia. Menurun sangat drastis dibandingkan beberapa bulan yang lalu.

Foto koleksi Bunda Yeni.

Posting Komentar untuk "Vaksin Corona Sudah Bisa Untuk Anak Usia Mulai 6 Tahun"

banner
banner