Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Bibir Merah Tanpa Lipstik? Ini Tipsnya!


Setiap wanita pasti ingin terlihat cantik dan menarik. Untuk itu, wanita akan mencoba berbagai macam cara, misalnya berhias dengan aneka make up. Memang, dengan make up, wajah bisa terlihat lebih menarik secara cepat. Tinggal oleskan lipstik di bibir, maka bibir akan terlihat merah. Tetapi, bagaimanapun, manis dan cantik secara alami, pasti akan lebih sedap dipandang, juga lebih sehat. 

Berpenampilan alami alias natural, juga akan membuat hidup terasa lebih nyaman, serta membangun karisma yang memancar dari dalam. Tampil apa adanya secara alamiah juga akan membuat hidup menjadi simpel. Bayangkan, dengan lipstik tebal di bibir, kita pasti akan merasa repot. Saban waktu, kita akan mengecek, apakah lipstik kita masih terlihat bagus atau tidak. Saat hadir di sebuah jamuan makan, kenikmatan makan juga pasti terganggu, karena kita harus sangat hati-hati, agar makanan yang kita santap tidak terkena lipstik kita. Kandungan senyawa berbahaya yang mungkin ada di lipstik, juga bisa berbahaya bagi kesehatan kita.

Bibir sebenarnya bisa merah secara alami. Dalam buku Atlas Anatomi Manusia yang disusun oleh Johannes Sobotta, (diterbitkan Erlangga, 2011), bibir manusia terdiri dari labium superius (bibir atas), labium inferius (bibir bawah). Bibir manusia merupakan jaringan yang tervaskularisasi (penuh dengan pembuluh darah), sehingga secara natural, sebenarnya bibir manusia memang sudah merah “dari sononya”. 

Lalu, mengapa bibir bisa menjadi terlihat kurang merah? Ada beberapa sebab. Pertama, bisa jadi karena tumpukan sel kulit mati yang membuat bibir menjadi lebih tebal. Kedua, karena kondisi psikologis pada seseorang. Rasa takut, tertekan, stres, akan membuat aliran darah ke bibir menjadi berkurang, dan bibir menjadi pucat. Ketiga, karena kurang minum, sehingga membuat bibir menjadi pucat. Keempat, sebagaimana dikutip dari health.detik.com (23/12/2015), nikotin dan kafein juga bisa menyebabkan bibir menjadi kehitaman.

Bagaimana agar bibir menjadi merah segar? Tentunya dengan menghilangkan sebab-sebab yang membuat bibir menjadi pucat atau kehitaman.

Pertama, angkat kotoran yang menumpuk pada bibir dengan sering mencuci bibir dengan air bersih. Jika perlu, oleskan pasta gigi ke bibir sekitar setengah menit, lalu bilas hingga bersih. Usahakan pasta gigi yang tidak mengandung deterjen. 

Kedua, angkat tumpukan sel kulit mati dengan menggunakan perasan jeruk nipis dan madu. Sebagaimana dikutip dari manado.tribunnews.com (3 Mei 2015), peraslah sebutir jeruk nipis dan campurlah dengan satu sendok makan madu, lalu oleskan ke bibir secara merata, sembari dipijit-pijit ringan selama sekitar 3 menit. Campuran jeruk nipis dan madu ini akan membantu mengikis sel-sel kulit mati yang menumpuk di bibir Anda.

Ketiga, minumlah cukup air putih, sehari sekitar 8 gelas atau lebih. Kondisi tubuh yang terhidrasi dengan baik, akan membuat tubuh menjadi segar, dan aliran darah lancar, termasuk pada bibir kita.

Keempat, milikilah kehidupan yang penuh vitalitas, semangat dan gairah. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan secara cukup—baik takaran maupun gizi, olahraga minimal 30 menit sehari, cukup istirahat dan tidur, memiliki kehidupan sosial-psikologis yang baik dan membangun kondisi spiritual yang kuat. Hal tersebut akan membuat kita memiliki kehidupan yang berkualitas. Tentu tak sekadar bibir kita menjadi sehat, tetapi juga seluruh tubuh kita, baik jasmani maupun rohani.

Kelima, hindarilah terlalu banyak minum kopi, apalagi merokok, jauhi sama sekali. Sebab, bekas kafein dan nikotin tidak bisa hilang seratus persen, tetapi akan menempel dan menimbulkan warna kehitaman di bibir kita.

Melakukan kelima langkah sederhana itu, tentu tidak akan membuat bibir menjadi semerah saat kita mengenakan lipstik. Tetapi, sekali lagi, merah secara alami, sejatinya akan membuat penampilan lebih sedap dipandang. Tak percaya? Tanyakan kepada pasangan Anda! [US].


Posting Komentar untuk "Ingin Bibir Merah Tanpa Lipstik? Ini Tipsnya!"

banner
banner