Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dandelion, Bunga Cantik Pencegah Kanker


Siapa sih, yang mau menderita penyakit maut ini? Tentu kita semua selalu berdoa agar Allah SWT senantiasa melindungi kita dari penyakit kanker, bukan? Juga tentunya penyakit lainnya. Akan tetapi, penyakit kanker memang masalah yang sangat pelik. Banyak kanker berakhir pada kematian, alias gagal disembuhkan. Sederet nama selebritis, seperti Yana Zein, Julia Perez dan sebagainya, berakhir hidupnya karena kanker.

Salah satu sebab mengapa kanker sulit disembuhkan, menurut tempo.co (10/4/2017) karena pasien berobat setelah kanker masuk dalam stadium lanjut, sel kanker sudah bermetastasis, alias menyebar ke organ-organ lain. Kondisi ini sulit diatasi dan biasanya berujung pada kematian.

Selain itu, kesadaran masyarakat untuk mencegah kanker sejak dini juga masih rendah. Salah satu pencegahan yang penting adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang terbukti mampu mencegah kanker, di antaranya bunga dandelion.

Dandelion (Taraxacum officinale) bukan tanaman yang sulit didapat, sebab banyak ditemui di sekitar kita. Di masyarakat Jawa, dandelion biasa disebut dengan nama randa tapak. Tanaman ini juga sering disebut sebagai jombang. Bunganya kuning, mirip bungan krisan.

Menariknya, dandelion ternyata memiliki khasiat luar biasa. Menurut penelitian Muliarta dkk. (2011) dalam Indonesian Journal of Cancer Vol. 5, No. 2 April - June 2011, ternyata Taraxacum officinale mampu menurunkan viabilitas sel tumor sebesar 26%.  

Penelitian Takasaki M. Konoshima T, yang dikutip Muliarta dkk, memperlihatkan bahwa ekstrak Taraxacum sp, mempunyai efek antitumor yang kuat pada tumor kulit mencit, demikian juga, penelitian Muliarta dkk, membuktikan hal yang sama, bahwa dandelion ternyata mampu menurunkan pertumbuhan sel kanker payudara.

Demikian juga penelitian Gauhar Rehman dkk, sebagaimana dimuat di ncbi.nlm.nih.gov (28/11/2017), terbukti bahwa ekstrak dandelion memiliki potensi sangat besar untuk melawan sel kanker hati. Dandelion sendiri sudah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional di Tiongkok, Arab dan India untuk pengobatan kanker.

Dandelion bisa dimanfaatkan dengan diminum seperti teh, ada juga yang dimanfaatkan sebagai kopi dandelion. Teh dandelion sudah banyak dikemas dan dijual di berbagai tempat. Yuk, kita coba rutinkan meminum teh dandelion! [US].

Kredit foto: telegraph.co.uk


Posting Komentar untuk "Dandelion, Bunga Cantik Pencegah Kanker"

banner
banner