Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Masakan Sedap Tanpa MSG? Gunakan 5 Bahan Penyedap Alami Ini


Problem yang sering dihadapi kaum ibu, atau siapa saja yang sering berkutat di dapur adalah, apa bahan yang bisa menggantikan MSG (Monosodium Glutamat) agar masakan tetap sedap dan gurih? Pasalnya, penggunaan MSG memang sudah sangat populer, dan lidah sebagian besar masyarakat sudah terlanjur “bersahabat” dengan penyedap makanan dari bahan kimia sintesis ini.

Sebagaimana dilansir dari bbc.com (10/11/2015), MSG ditemukan pada tahun 1908 oleh Profesor Kikunae Ikeda dari Universitas Tokyo. Rasa gurih yang ditimbulkan dari MSG, disebut sebagai ‘umami’ taste. MSG kemudian menyebar ke seluruh dunia dan menjadi bumbu masak yang paling populer, sampai pada tahun 1968, Dr Ho Man Kwok mengirim tulisan kepada the New England Journal of Medicine yang berisi efek buruk MSG. Sejak itu, berbagai penelitian tentang efek buruk MSG, banyak dipublikasikan di berbagai jurnal.

Dr. Edward Group DC, NP, DACBN, DCBCN, DABFM, menulis artikel berjudul The Harmful Effects of Monosodium Glutamate (MSG) yang dipublikasikan dalam globalhealingcenter.com (last updated 19/6/2014). Menurutnya, MSG adalah toksin (racun), yang bisa menyebabkan  diabetes, kelainan kelenjar adrenalin, kejang, tekanan darah tinggi, kenaikan berat badan yang berlebihan, stroke dan masalah kesehatan lainnya. 

Meski sulit menghindari MSG, kita bisa mengurangi pelan-pelan dan menggantinya dengan beberapa bahan alami sebagaimana tersebut di bawah ini dalam masakan kita.

Udang Basah atau Udang Kering (Ebi)

Udang baik basah maupun kering, memiliki rasa yang tak kalah sedap dibandingkan dengan MSG, bahkan menurut sebagian ibu, jauh lebih sedap menggunakan udang, khususnya udang basah. Namun, tentu ada problem, sebab harga udang basah relatif mahal. Namun, untuk alasan kesehatan, tentu mahal tak mengapa, bukan? Untuk lebih hemat, saat masak udang, kita bisa rebus kulit dan kepala udang dan diambil kaldunya. Simpan kaldu tersebut di kulkas untuk kita gunakan sewaktu-waktu.

Bawang Putih

Memasak dengan lebih banyak bawang putih juga akan menimbulkan rasa yang gurih dan lezat, dan bisa menggantikan MSG, meski rasa yang ditimbulkan tidak setajam MSG. Namun, jika sudah terbiasa, lama-lama akan menjadi biasa. Jika MSG merupakan toksin, bawang putih bahkan memiliki khasiat yang berlawanan, yaitu merupakan antitoksin dan antioksidan. 

Gula Pasir

Gantilah gula yang Anda gunakan untuk memaniskan masakan dengan gula pasir secukupnya. Perlu Anda ketahui, bahwa bahan pembuat MSG salah satunya adalah molasses yang terbuat dari tetes tebu, sehingga memiliki kesamaan asal-usul dengan gula pasir. 

Keju

Keju juga memiliki rasa yang tak kalah sedap dibandingkan MSG. Saat membuat masakan, khususnya tumis, Anda bisa memasukkan keju sebagai bahan pengganti MSG. Tetapi, tentu kita akan terkendala dengan harga keju yang relatif mahal. Namun, jika anggaran kita cukup, tentu tak mengapa, sebab selain bisa menggantikan MSG, keju juga memiliki kandungan gizi yang sangat kaya.

Kaldu Ayam atau Kaldu Sapi

Inilah cara paling mudah untuk mendapatkan pengganti MSG dengan murah dan mudah. Rebuslah tulang belulang atau sisa-sisa daging (tetelan) hingga terbentuk kaldu. Lalu masukkan kaldu ke dalam wadah tertutup, dan masukkan dalam kulkas, sehingga awet dan bisa kita gunakan sewaktu-waktu. 

Selain bahan-bahan tersebut di atas, memasak dengan aneka bumbu dapur dan rempah yang beraneka ragam, sebenarnya juga bisa menciptakan rasa gurih yang bahkan jauh lebih lezat dibandingkan MSG. Misal, untuk menggoreng ayam atau ikan, kita bisa mengombinasikan bumbu-bumbu seperti garam, ketumbar, kunyit, bawang putih, merica, kemiri, lengkuas dan sereh. Tanpa MSG pun, rasa ayam goreng kita dijamin mak nyus! [YMS].


Posting Komentar untuk "Tips Masakan Sedap Tanpa MSG? Gunakan 5 Bahan Penyedap Alami Ini"

banner
banner