Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sari Kacang Hijau, Cocok Untuk Buka Puasa!


Sari kacang hijau? Yummy... segar banget kalau diminum siang hari! Selain segar, gizinya berlimpah, dan sangat cocok untuk menambah stamina, lho! Saat puasa, juga segar sekali untuk menjadi hidangan buka puasa.

Yup, tentu Anda tidak asing dengan kacang hijau bukan?  Kacang hijau (Vigna radiate), adalah jenis kacang-kacangan yang cukup melimpah di negeri kita. Para petani di desa-desa, sering menanam kacang hijau di sela-sela panen padinya, atau dengan memanfaatkan pematang sawahnya. 

Kacang hijau juga dikenal di seantero dunia dengan berbagai nama, seperti mung bean, green gram, golden gram, chop suey bean, dan chickasaw (dikutip dari biodiversityexplorer.org, retrieved 14/5/2017). Menurut Atman (2007), Peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat, kacang hijau sangat kaya akan zat gizi, yakni amylum, protein, besi, belerang, kalsium, minyak lemak, mangan, magnesium, niasin, vitamin (B1, A, dan E). 

Dari kandungan gizinya yang sangat kaya, kacang hijau biasa dianjurkan untuk dikonsumsi saat seseorang baru sembuh dari sakit dan ingin segera pulih. Kacang hijau, sebagaimana dikutip dari kompas.com (25/12/2009), bisa mengobati sejumlah penyakit seperti radang ginjal, tekanan darah tinggi, mengurangi gatal karena biang keringat, muntaber, impotensi, TBC paru-paru, jerawat, dan juga merupakan penurun demam yang sangat bagus. Bagi anak-anak, kacang hijau sangat baik untuk pertumbuhan. Konsumsi kacang hijau juga bisa membuat kulit menjadi lebih halus, dan rambut tumbuh dengan kuat dan lebat.

Karena kandungan dan khasiatnya yang luar biasa, kacang hijau bisa dijuluki sebagai “emas hijau”. Bahkan dalam bahasa Inggris, kacang hijau juga diberi nama golden gram

Biasanya, kita memasak kacang hijau sebagai bubur kacang hijau atau wajik kacang hijau, yang banyak dihidangkan saat lebaran. Sementara, sari kacang hijau lebih sering kita beli, baik yang sudah dikemas cantik dalam bentuk minuman kotak, atau yang dijual oleh pedagang kaki lima. 

Sesekali, mari kita coba membikin sendiri sari kacang hijau. Apalagi, caranya juga tidak sulit. Yuk, kita coba!

1. Ambil 250 gram kacang hijau, rendamlah dalam air panas sekitar 1-2 jam.

2. Rebuslah kacang hijau tersebut dengan sekitar 3 liter air, sampai kacang hijau menjadi lunak.

3. Bisa dicampur dengan jahe, sehingga rasa kian sedap. Satu ruas jahe bisa dikupas dan dimemarkan, lalu dimasukkan dalam rebusan air.

4. Masukkan daun pandan untuk memberi aroma sedap.

5. Setelah kacang hijau lunak, masukkan sekitar 200 gram gula aren, atau sesuai selera. Bisa juga diganti dengan gula Jawa atau gula pasir, atau modifikasi. Kalau saya sendiri, lebih suka menggunakan gula aren.

6. Setelah kacang hijau lunak dan gula lumer, matikan api. Saringlah rebusan air tersebut, hingga tersisa kacang hijaunya. Tumbuk atau Blender kacang hijau rebus tersebut hingga halus, lalu masukkan kembali ke air rebusan, dan didihkan kembali. Jika perlu, bisa ditambahkan sedikit garam.

7. Saringlah, dan buanglah ampasnya, biarkan dingin. Minuman sari kacang hijau sudah siap Anda nikmati. Jika tak habis, kita bisa menyimpannya di kulkas sebagai cadangan minuman sehat untuk keluarga.

Selamat mencoba!

[YMS].


Posting Komentar untuk "Resep Sari Kacang Hijau, Cocok Untuk Buka Puasa!"

banner
banner