Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Doa dan Dzikir Terhindar dari Covid-19 Dan Pernyakit Lainnya


Covid-19 semakin tak terkendali. Hingga saat ini, sudah 2 juta lebih kasus positif di Indonesia, 50 ribu lebih meninggal. Setiap kita membuka media sosial, selalu saja ada kabar duka. Dalam sehari, kadang lebih dari satu orang yang kita kenal, wafat karena Covid-19.

Patuh pada protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, menghindari makan-minum di luar, dan sebagainya, harus makin kita kuatkan. Tetapi, ada satu hal yang juga perlu kita gencarkan, yaitu doa dan zikir.

Berikut ini adalah beberapa zikir dan doa untuk menghindarkan kita dari penyakit Covid-19 dan penyakit-penyakit lainnya.

1. Allahumma rabban naas, adzhibil ba'sa. Isyfii... Antas syafi. Lā syafiya illa anta syifa'an la yughadiru saqaman.

Artinya: Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkan lah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.

Doa ini khusus bagi yang sedang sakit, atau juga bisa kita lantunkan untuk mendoakan orang yang sedang sakit.

2. Allāhumma innī a‘ūdzu bika minal barashi, wal junūni, wal judzāmi, wa sayyi’il asqāmi.

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada Engkau dari penyakit lepra, gila, kusta, dan penyakit-penyakit yang buruk. (H.R, Abu Dawud).

3. A’udzu bikalimatillahittaammati min syarri maa khalaq.

Arti doa itu yakni: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakanNya”.

Setelah membaca doa di atas, dianjurkan untuk melanjutkan dengan doa nomor 4.

4. "Allahumma ma ashbaha bi min ni'matin faminka wahdaka la syarika laka, lakalhamdu wa laka as-syukru." 

Yang artinya: "Tuhanku, nikmat yang menyertaiku berpagi hari ini semata berasal dariMu yang Mahaesa. Tiada sekutu bagiMu, bagiMu segala puji dan syukur."

5. Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai’un fil ardhi wa la fis samaa’i wahuwas sami’ul alim.

“Dengan menyebut nama Allah yang bersama nama-Nya sesuatu itu tidak berbahaya di bumi dan di langit. Dan Dia Maha Mendengar lagi Mengetahui.”

6. Allahumma 'afini fii badani allahumma 'afini fi sam’i allahumma 'afini fi bashari la ilaha illa anta.

Ya Allah, berilah kesehatan untukku pada badanku. Ya Allah, berilah kesehatan untukku pada pendengaranku. Ya Allah, berilah kesehatan untukku pada penglihatanku. Tiada sesembahan kecuali engkau.

7. Allahummadfa’ annal bala’ wal ghala’ wal waba’ wal fakhsya’ wal munkar was syada’id wal mihan ma dzahara minha wa ma bathan, fi biladina hadza khossoh, wa fi buldanil muslimina ammah, bi rahmatika ya arhamar rahimin.

Artinya: “Ya Allah Tuhan kami. Jauhkanlah kami dari malapetaka, bala dan bencana, kekejian dan kemunkaran, kekejaman dan peperangan, yang tampak dan yang tersembunyi dalam negara kami khususnya, dan dalam negara kaum muslimin umumnya. Dengan rahmatmu Ya Allah yang maha pengasih dan yang pengasih.”

8. Allahumma inna na’udzubika min jahdil bala wa darkis saqa’ wa su’il qadha wa syamatatil a’da’.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepadamu dari beratnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha`, dan kesenangan musuh (dengan musibah yang menimpa kami).”

Itulah beberapa doa dan wiridan yang bisa kita lakukan sesering mungkin, agar Allah SWT menghindarkan kita dari musibah berupa penyakit dan wabah yang merajalela. Mari kita praktikkan.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Doa dan Dzikir Terhindar dari Covid-19 Dan Pernyakit Lainnya"

banner
banner