Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Jitu Memasak Mie Instan Agar Sehat Dikonsumsi


Anda penggemar mie instan? Sama, dong. Saya juga suka dengan mie instan. Ketika mulut pahit dan selera makan sedang buruk, memakan mie rebus dengan telur dan tambahan sawi hijau, juga irisan cabe rawit, rasanya nafsu makan jadi bangkit kembali. Sayang, mie instan sudah telanjur dicap sebagai makanan tidak sehat. 

Akan tetapi, terlalu banyak menyantap hidangan ini, akan membuat risiko terkena penyakit sindrom kardiometabolik menjadi lebih tinggi. Penyakit jantung, diabetes dan stroke, disebut-sebut merupakan penyakit yang terkait dengan kebiasaan terlalu banyak memakan mie instan.

Mengapa mie instan berbahaya jika dimakan terlalu banyak, yakni 3 kali atau lebih dari seminggu? Hal itu disebabkan karena pengawet yang digunakan, yakni tertiary-butyl hydroquinone (TBHQ), bersifat toksik (racun) terhadap tubuh kita.

Namun, dengan cara memasak mie yang benar, ternyata efek negatif mie instan bisa diminimalisir. Bagaimana cara memasak mie agar bisa menjadi lebih sehat? 

  1. Pertama, pastikan mie dimasak dengan sempurna, yaitu sampai cukup matang, dengan menggunakan air bersih. Sebab, mie yang belum matang, sebagaimana akan membahayakan saluran pencernaan, sehingga bisa merusak lambung serta usus. Hindari memakan mie dalam kondisi mentah, sebab perut kita tidak siap mencernanya.
  2. Kedua, setelah mie matang dengan sempurna, tiriskan, dan buang air rebusannya. Lalu tambahkan dengan air panas yang masih bersih secukupnya. Cara itu bisa mengurangi zat pengawet dan aneka bahan berbahaya yang terlarut di dalam rebusan air.
  3. Ketiga, karena mie instan sebenarnya berisi hanya tepung saja, maka kandungan gizi yang ada sangat kurang. Sebaiknya, campurlah dengan sayur sawi, telur atau potongan ayam goreng. Telur yang dimasak pun sebaiknya sampai matang.
  4. Keempat, jangan gunakan semua bumbu, khususnya bumbu penyedap. Masukan sedikit saja, sekadar membikin gurih, lalu gantilah sisa bumbu yang terbuang dengan garam dan bubuk lada secukupnya. Rasanya tak kalah lezat dan gurih, lho. Apalagi jika diberi irisan bawang merah, bawang putih dan cabe rawit.
  5. Kelima, jangan terlalu sering mengonsumsi, apalagi menjadi menu harian. Seminggu, maksimal sekali, atau jika sedang tidak bernafsu makan, paling banter cukup dulu kali.

Itulah beberapa trik memasak mie agar menjadi lebih sehat dan aman untuk badan. Ayo dicoba!

Penulis: Yeni Mulati.

Posting Komentar untuk "Trik Jitu Memasak Mie Instan Agar Sehat Dikonsumsi"

banner
banner