Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Atas Kulit Kering dan Bersisik


Pernahkah mengalami kulit kita sangat kering? Tentu tidak nyaman kan, ketika kita melihat kulit kaki, tangan dan seluruh tubuhnya terasa sangat kering. Bukan sekadar kering, tetapi juga bersisik, sehingga terlihat kurang sedap dipandang. Apakah Anda pernah mengalami kejadian seperti itu? Semoga artikel singkat ini bisa membantu Anda mengatasi permasalahan tersebut.

Dilansir dari WebMD, terdapat berbagai jenis kulit, yaitu jenis kulit normal (normal skin), kulit kering (dry skin), kulit berminyak (oily skin), tipe kombinasi (combination skin) dan kulit sensitif (sensitive skin). Jika kita memiliki kulit jenis dry skin, biasanya akan membuat kulit menjadi kusam, kasar dan seringkali tampak seperti bersisik. 

Sedangkan menurut situs MEDICINET, kulit kering, atau xeroderma, disebabkan karena kurangnya kandungan air pada lapisan epidermis kulit. Semakin tua usia seseorang, risiko kulit kering semakin tinggi. Terlepaskan lemak pada lapisan epidermis juga membuat kulit menjadi kehilangan perlindungan yang memicu kekeringan.

Bagaimana cara mengatasi kulit kering? Ada beberapa cara tersebut di bawah ini.

1. Cara mengatasi kulit kering adalah dengan mengurangi pemakaian sabun yang terlalu “keras” (harsh soaps) dan pembersih yang menggunakan zat kimia (chemical cleansers). Surfaktan, yakni senyawa aktif yang banyak terdapat di berbagai jenis sabun mandi, sabun cuci/ditergen, sampo dan sebagainya, bisa membuat kulit kita menjadi kering, sehingga jika mungkin, hindari terlalu sering terpapar zat-zat tersebut. Sebagai gantinya, kita bisa menggunakan sabun atau sampo yang dikhususkan untuk kulit kering, dengan PH yang lebih rendah. Sedangkan untuk mencuci, jika ada dana, sebaiknya gunakan mesin cuci, agar tangan kita tidak terkena ditergen secara langsung.

2. Hindari paparan sinar matahari serta suhu dan kelembaban yang rendah, sebab juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Pakailah penutup tubuh yang rapat, serta payung atau topi jika harus terpapar sinar matahari. Juga pakailah baju tebal jika berada pada daerah dengan  suhu dingin.

3. Gunakan pelembab (moisturizer), yang pada prinsipnya merupakan lapisan tipis dari lemak yang bisa melindungi kulit. Pelembab sudah banyak dijual di pasaran. 

4. Minumlah cukup air putih, sehari 8 gelas. Sebab, kekeringan pada kulit kita, pastinya juga disebabkan karena cairan tubuh yang kurang.

5. Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah, sebaiknya dalam kondisi segar. Buah dan sayur mengandung banyak air yang baik untuk hidrasi tubuh.

6. Berdasarkan penelitian dari Ni Luh Putu Serly, dari Universitas Widya Manggala Surabaya, sebagaimana dimuat di repository.wima.ac.id (retrieved 21/8/2017), ekstrak buah semangka ternyata juga bisa digunakan untuk melembabkan kulit. Haluskan buah semangka dengan blender, lalu oleskan ke seluruh bagian tubuh, khususnya di daerah yang bersisik. Biarkan sekitar seperempat jam, dan bilas.

7. Oleskan minyak zaitun ke seluruh tubuh secara rutin di waktu pagi dan sore, sekitar satu atau dua jam sebelum mandi.

8. Kita bisa menggunakan masker untuk melembabkan kulit, misalnya masker yang terbuat dari alpukat, madu dan jeruk nipis yang kita buat sendiri. Ambilah separuh buah alpukat matang, campur dengan sesendok madu dan perasan satu buah jeruk nipis. Lalu  haluskan dengan blender. Dan oleskan ke bagian-bagian tubuh kita yang bersisik. Biarkan selama sekitar 15-30 menit, lalu bilas. Lakukan dengan rutin, seminggu sekali.

Itulah beberapa cara yang telah terbukti ampuh mengatasi kulit kering bersisik. Semoga bermanfaat!

[US].


Posting Komentar untuk "8 Tips Atas Kulit Kering dan Bersisik "

banner
banner