Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah Alpukat Bikin Makin Cerdas?


Rudi terpekur menghadapi lembaran soal ujian yang tak juga bisa dia kerjakan. Waktu yang disediakan panitia sudah nyaris habis, dan belum ada separuh soal dia selesaikan. Keringat dingin menetes, membasahi kemeja putihnya.

Nasib, nasib... kenapa sih, Tuhan menjadikan dia sekadar sebagai sosok dengan kecerdasan yang pas-pasan.

Ops, tidak selayaknya Rudi memprotes Tuhan. Sebab, segala sesuatu sudah Diciptakan-Nya sesuai dengan proporsinya. Ikhtiar manusialah yang kadang masih sangat kurang. Rudi harus melakukan introspeksi, sudahkah dia berupaya semaksimal mungkin untuk mengasah otaknya? Sudahkah dia lebih banyak belajar, berlatih, dan mengasup nutrisi yang bisa membuat otak semakin cerdas.

Memangnya ada, nutrisi yang bisa membuat otak menjadi lebih cerdas? Tentu ada. Memang betul, jumlah sel otak kita sudah ditentukan saat kita masih dalam kandungan. Dan perkembangan sel otak, ada pada saat kita masih balita. Akan tetapi, beberapa nutrisi yang tepat, bisa menyumbang peran terhadap kecerdasan otak.

Salah satunya adalah buah alpukat. Banyak penelitian membuktikan bahwa alpukat ternyata mampu meningkatkan tingkat kepintaran seseorang. CNN (22/9/2017) menyebutkan, bahwa menurut riset yang dilakukan oleh para peneliti University of Illinois di Urbana - Champaign, ternyata alpukat bisa meningkatkan kinerja otak. Hal tersebut disebabkan karena asam lemak tak jenuh yang terkandung di dalam alpukat.

Alpukat, yang memiliki nama latin Persea americana, memang kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh. Sebagaimana dilansir dari scholar.unand.ac.id (2/3/2016) sekitar 90% lemak yang terkandung dalam alpukat adalah asam lemak tak jenuh. Salah satu asam lemak yang ada di alpukat adalah asam oleat, yang merupakan asam lemak esensial, karena tidak bisa dihasilkan oleh tubuh.

Menurut 70% komponen otak adalah lemak tak jenuh, salah satunya asam oleat. Jadi, menyantap makanan yang mengandung unsur asam oleat ini, akan membuat otak tercukupi nutrisinya dan fungsi kognitif pada otak pun meningkat.

Nah, ingin membuat otak kita meningkat kecerdasannya alias memiliki daya menyimpan memori yang lebih tinggi dari sebelumnya? Cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi buah alpukat. Terlebih, selain mencerdaskan otak, alpukat juga bisa mengurangi kolesterol jahat dan memiliki kandungan nutrisi lain yang melimpah.

Hanya saja, perlu dicatat, sebaiknya konsumsilah alpukat tanpa menggunakan terlalu banyak gula dan susu. Karena akan menyumbangkan terlalu banyak kalori yang bisa membuat tubuh kita menjadi cepat mengalami obesitas.

Selamat mencoba!

Penulis: YMS


Posting Komentar untuk "Benarkah Alpukat Bikin Makin Cerdas?"

banner
banner