Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tipe Bos Dan Cara Menaklukkan #2

Foto: freepik

Di bagian pertama, kita sudah membahas 3 jenis bos, yaitu bos bos tipe komandan perang, bos tipe pemimpi, dan bos tipe raja tega. Ketiganya memiliki karakteristik masing-masing. Nah, sekarang saya akan lanjut ke tipe bos yang lain, yaitu bos tipe filsuf, tipe pengawas ujian dan tipe guru killer. Makin seru kan, ya, pembahasannya?

Bos Tipe Filsuf

Wah, bos seperti ini sangat baik-hati. Dia bisa berlama-lama memanggil kita hanya untuk menasihati untuk hal-hal yang tak terkait dengan pekerjaan. Dia sangat religius dan penyayang, tidak mau menyakiti hati karyawannya. Punya bos seperti ini asyik sekali, karena kita bisa bekerja dengan nyaman. Tapi, bos seperti ini suka dimanfaatkan karyawan. Jangan ikut-ikutan memanfaatkannya, ya. Malah jika perlu, kita bisa pasang badan untuk beliau dengan lebih disiplin menghadapi karyawan-karyawan yang nyebelin itu, terutama jika kita juga masuk dalam jajaran manajemen.

Bos Tipe Pengawas Ujian

Dia akan selalu mondar-mandir mengawasi karyawan, baik secara langsung maupun lewat CCTV. Jika ada pelanggaran, akan langsung ditegur, atau minimal dicatat. Catatannya sangat rapi, detail, sampai hal-hal yang kecil. Kalau kita tidak punya kesalahan, ya santai saja, tak perlu tegang. Anggap saja dia semut yang berlalu lalang di depan kita, hehe. Tapi, sesekali sapa dia juga tak masalah, biar tak terlalu tegang.

Sebenarnya, bos tipe begini malah asyik, lho... karena jika kita berprestasi, beliau juga akan mencatatnya, dan melaporkan dengan baik ke atasan lain yang punya kepentingan dengan karir kita. Jadi, gak usah terlalu takut. Malah kita bisa lebih semangat dalam bekerja, kan?

Bos Tipe Guru Killer

Dia selalu memberi PR dan menagihnya esok hari. Jika tidak mengerjakan, kita akan disuruh berdiri dengan kaki diangkat sebelah, hehe… nggak juga ding, maksudnya kita akan mendapat hukuman jika tidak mengerjakan. Dia juga sangat senang menggurui, memberi tahu dengan galak, lalu memberi ujian dan akan sangat pelit memberi nilai. Tapi, jangan khawatir, sebenarnya jika kita paham standardnya dan menjadi murid yang rajin, kita akan jadi karyawan teladan, lho.

Nah, itulah berbagai tipe bos dan cara “menjinakkannya”. Mungkin pembaca sekalian juga punya pengalaman sendiri berhadapan dengan bos? Yuk, sharing!

Penulis: Yeni Mulati

Posting Komentar untuk "6 Tipe Bos Dan Cara Menaklukkan #2"

banner
banner