Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Agar Menstruasi Menjadi Lebih Cepat, Sehat dan Segera Tuntas


Hai, Sahabat Perempuan! Apakah kalian merasakan jenuh dan pusing, karena memiliki menstruasi yang tidak teratur?  Lazimnya, setiap peremapuan melalui sekitar seminggu untuk menjalani masa menstruasi atau haid, namun beberapa perempuan kadang bisa lebih. Kadang sampai 9 hari, kadang 10 hari, bahkan pernah juga dua minggu. Jika sedang beribadah puasa, jadi merasa sedih, dong, karena bolongnya terpaksa cukup banyak.

Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Secara umum ada tiga macam siklus menstruasi, yaitu:

  • siklus pendek (21 - 24 hari sekali)
  • siklus normal (28 hari-30 hari sekali)
  • siklus panjang yang mencapai sekitar 42 hari sekali

Saat haid, lapisan endometrium dalam rahim kita terkelupas dan mengalami perdarahan. Secara normal, sebagaimana seorang wanita akan menempuh masa haid sekitar 5-7 hari. 

Akan tetapi ada beberapa kondisi yang menyebabkan gangguan pada sistem reproduksi kita. Penyebabnya, di antaranya adalah sistem hormonal kita yang mengalami gangguan. Kelelahan, stres, kondisi emosional, status gizi, bisa berpengaruh terhadap masa menstruasi kita. Misalnya, biasanya 7 hari selesai, karena menjelang ujian nasional, haid menjadi 10 hari atau lebih.

Cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut tentu pergi ke dokter dan berkonsultasi. Mungkin kita akan diberikan obat-obatan yang bisa meringankan masalah kita tersebut. Namun, selain ke dokter, beberapa hal berikut ini juga bisa membantu mengatasi masalah kita. 

Lakukan Olahraga Ringan

Jangan takut berolahraga saat haid, sebab kita justru akan mendapatkan manfaat yang banyak. Olahraga akan membuat tubuh menjadi lebih bugar, dan bisa mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan saat haid, misalnya nyeri haid atau sakit punggung. Menurut penelitian Eni Purwanti dari Universitas Diponegoro sebagaimana dipublikasikan di eprints.undip.ac.id (retrieved 26/8/2017), ternyata olahraga ringan semasa haid berpengaruh terhadap kenormalan siklus haid.  Sebesar 79 % dari total 75 orang responden mengalami haid yang normal karena rajin beraktivitas fisik selama haid.

Olahraga apa yang baik untuk wanita yang sedang haid? Jalan-jalan di waktu pagi dengan ritme cepat, bersepeda, yoga, dan senam yang ringan, bisa dilakukan agar haid kita normal, alias cepat selesai dan tuntas sesuai dengan kebiasaan.

Mengasup Vitamin C dan Air Putih

Vitamin C yang kita dapatkan dari sayur dan buah-buahan, ternyata bisa mempercepat dan mempertuntas menstruasi kita. Sebagaimana dikutip dari newhealthadvisor.com (retrieved 26/8/2017), vitamin C dosis tinggi bisa meningkatkan kadar estrogen pada tubuh kita, sehingga membantu mempercepat pengelupasan sel endometrium pada rahim kita.

Konsumsi air putih yang cukup juga penting, sebab menurut situs helosehat.com (28/4/2017, menstruasi bisa menyebabkan dehidrasi, dan dehidrasi tentu akan membuat gangguan menstruasi kita semakin parah.

Istirahat yang Cukup

Penyebab gangguan haid, salah satunya adalah kelelahan. Ada baiknya kita tidak memforsir tubuh diluar batas kemampuan tubuh. Istirahatlah dengan cukup, tidur sekitar 6-8 jam sehari, tidak terus menerus berada di depan layar komputer misalnya, atau lembur hingga larut malam.

Kelola Distres dengan Berpikir Positif dan Relaksasi

Saat menstruasi, secara alamiah biasanya seorang perempuan akan mengalami bad mood. Jika ditambah dengan stres yang merusak, alias distress, keadaan tentu akan menjadi semakin buruk. Perbanyaklah berpikir positif, serta melakukan relaksasi agar kondisi emosi kita menjadi lebih baik. 

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi gangguan haid yang mungkin akan berefek terhadap aktivitas kita. Selamat mencoba! [US].

Sumber foto: dreamstime


Posting Komentar untuk "Kiat Agar Menstruasi Menjadi Lebih Cepat, Sehat dan Segera Tuntas"

banner
banner