Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Tetap Bugar Saat Berpuasa Ramadan


Duh, bulan Ramadhan malah banyak job di kantor? Mungkin sebagian di antara kita mengeluhkan hal itu. Bagaimana mungkin kita bisa fokus mengerjakan job-job tersebut sesuai target, sementara kita dalam kondisi berpuasa?

Jangan khawatir, banyak orang berpuasa namun tetap merasa bugar. Inilah 7 tips yang telah banyak dipraktikkan dan ternyata terbukti ampuh.

1.    Tetap upayakan minum air putih sebanyak 8 gelas. Sebab, menurut situs healthline.com (4/6/2017), 60% tubuh kita terdiri dari air. Agar tetap fit dan bugar, kita butuh tetap terhidrasi secara optimal. Saat Ramadhan, kita bisa menggunakan pola 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas pada waktu antara shalat isya hingga menjelang tidur, dan 2 gelas saat sahur.

2.     Perbanyak buah dan sayur, khususnya saat berbuka puasa. Sebaiknya, buah dimakan dalam kondisi segar, sebab jika dijus, akan membuat perut terasa penuh, sehingga akan mengurangi program minum 8 gelas air putih.

3.     Berbuka secukupnya dengan air putih dan camilan segar, semacam kurma. Lalu shalat maghrib dan makan besar. Jangan langsung bebani tubuh dengan makan besar, sebab akan berefek kurang baik terhadap tubuh.

4.     Kurangi makanan yang mengandung santan, khususnya saat berbuka puasa. Santan akan membuat tenggorokan terasa sakit. Tentu hal ini akan sangat menganggu kebugaran kita. Selain itu, santan membutuhkan pencernaan lebih lama untuk bisa diserap tubuh. Menurut situs health24.com (26/1/2016) satu cangkir santan mengandung sekitar 40 gram lemah jenuh, sehingga bisa menaikkan kadar lemak darah dan mempertinggi risiko sakit jantung.

5.     Sahurlah dengan makanan yang membuat kenyang kita terasa awet, seperti daging, kacang-kacangan, buah dan sayur. Sementara, karbohidrat kompleks seperti ubi, ketela, roti tawar atau nasi, akan membuat kita cepat lapar. Jadi, hindari sahur yang komponen utamanya adalah karbohidrat kompleks seperti kolak ubi, mie rebus, atau nasi goreng.

6.      Jangan tidur lagi sesudah subuh, sebab akan meningkatkan keasaman mulut dan lambung, yang akan berefek buruk terhadap tubuh.

7.      Olahraga ringan setelah subuh, akan membuat kita merasa fit sepanjang hari. Alih-alih masuk kamar dan bergelung selimut, jalan kaki di sekitar komplek rumah, akan membuat kita semakin bugar lho!

Itulah 7 tips tetap bugar saat puasa. Yuk, kita praktikkan! [US].

Posting Komentar untuk "7 Tips Tetap Bugar Saat Berpuasa Ramadan"

banner
banner