Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kota yang Harus Dicemburui Penggemar Sepak Bola Indonesia

Kota Madrid (gambar: architecturaldigest.com)

Saat ini banyak kota di Indonesia tidak memiliki tim sepak bola yang bisa diandalkan. Meskipun fans sangat banyak dan memiliki loyalitas sangat tinggi, mereka lebih sering dikecewakan karena tim kesayangannya gagal meraih poin penuh, bahkan pulang membawa kekalahan. Padahal, berbagai fasilitas sudah dibangun, seperti stadion yang megah.

Akan tetapi, di beberapa kota di dunia, kenyataan yang ada hampir bertolak belakang. Bukan saja kota-kota memiliki tim yang sangat dahsyat, tetapi fans juga dibuat bingung karena dalam satu kota bisa memiliki lebih dari satu tim yang sangat bisa diandalkan. Apa saja kota-kota tersebut? Tentu ada banyak, tetapi di sini kami hanya akan membahas 5 kota saja.

1. Madrid

Bicara soal sepak bola, tentu kita tidak akan bisa terlepas dari kota yang satu ini, Madrid. Ibu kota Spanyol ini bisa dikatakan merupakan kota yang menjadi sorotan utama sepak bola. Di kota ini ada setidaknya 2 tim raksasa yang sangat perkasa. Sebut saja Real Madrid dan Atletico Madrid. Real Madrid, sangat sering meraih juara, baik liga domestik maupun liga eropa, bahkan Piala Dunia Antarklub FIFA. Sejumlah pemain bintang juga pernah merumput di Real Madrid, sebut saja Zinedine Zidane dan Cristiano Ronaldo. Menurut FIFA, Real Madrid merupakan salah satu klub terbaik dan terkaya abad 20 dan 21.

2. Milan

Milan memang cukup dikenal sebagai kota mode alias fashion. Untuk soal adibusana, Milan nggak kalah dibandingkan Paris atau New York. Kota ini disebut-sebut sebagai kota paling maju di Italia, dan menjadi salah satu kota terpenting di negara Piza ini. Tetapi, dalam masalah sepak bolah, Milan juga spektakuler, karena memiliki 2 tim kelas dunia, yaitu AC Milan dan Inter Milan. Kedua klub ini merupakan klub-klub papan atas di Eropa, meski akhir-akhir ini prestasinya kurang stabil.

3. Manchester

Siapa tak mengikuti persaingan sengit antara Manchester United dan Manchester City? Keduanya berkompetisi ketat tak hanya di ranah domestic, di mana City ada di posisi pertama dan United di posisi kedua, tetapi di ranah Eropa pun mereka juga menunjukkan performa yang sangat mentereng. Sama-sama juara grup dan menjadi unggulan juara Liga Champion. 

4. London

Di ibu kota Inggris ini bermarkas banyak klub sepak bola. Sebut saja Chelsea, Arsenal, Tottenham dan West Ham. Tentu kita harus berdecak kagum, sebab nama-nama tersebut adalah nama yang terkenal. Chelsea, Tottenham dan Arsenal, adalah klub yang sering masuk di papan atas liga domestik, bahkan kancah yang lebih tinggi lagi yakni Eropa. West Ham, meski jarang masuk papan atas, termasuk klub yang sering bermain di kasta tertinggi Liga Inggris. Jika kita menjadi warga London, mungkin bingung juga, mau memilih klub mana yang akan dibela.

5. Roma

Roma juga tak kalah mentereng. Selain AS Roma, ada juga Lazio yang juga bermarkas di kota ini. Keduanya bersaing ketat di peringkat 4 dan 5 di klasemen sementara Liga Italia.

Mungkin kita memang harus merasa cemburu dengan pengelolaan sepak bola di 5 kota tersebut. Mereka bukan saja memiliki banyak tim sepak bola, tetapi timnya terkelola dengan sangat profesional, sehingga melahirkan prestasi gemilang. Ada baiknya berbagai pihak yang berwewenang di negeri ini melakukan studi banding, bagaimana mengelola sepak bola dengan baik. [CD].


Posting Komentar untuk "5 Kota yang Harus Dicemburui Penggemar Sepak Bola Indonesia"

banner
banner