Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makin Keren Karena Mengonsumsi Wijen, Mau?


Pernah melihat atau mengonsumsi onde-onde? Ada guyonan tentang makanan tradisional khas Indonesia, khususnya Pulau Jawa itu. Suatu hari, seorang turis dari Jerman terheran-heran melihat hidangan onde-onde yang disajikan di sebuah warung. Dia heran, bagaimana mungkin ada kue yang seluruh permukaannya ditaburi biji wijen. “Bagaimana cara menempelkan biji ini, apakah satu per satu?” tanyanya.

Tidak usah terlalu serius membaca kisah di atas, karena itu cuma humor alias guyon semata. Ya, barangkali Anda pernam makan onde-onde? Biji wijen memang bertaburan di seluruh permukaan onde-onde. Sejak dahulu, masyarakat negeri kita mengonsumsi wijen, namun barangkali tidak terlalu paham, bahwa wijen ternyata memiliki khasiat luar biasa.

Judul artikel ini, meski sedikit bombastis, tidak salah. Setiap manusia, kata Albert Einstein, dilahirkan dalam keadaan jenius. Asal potensi yang ada dioptimalkan, maka siapa saja di antara kita bakal jadi makhluk paling keren—sesuai dengan bidang yang dia kuasai.

Nah, apa hubungannya dengan wijen? Mari kita bahas. 


Wijen memiliki nama ilmiah Sesamum indicum, termasuk dalam keluarga Pedaliaceae. Sebagaimana dimuat di Kompas.com (30/12/2011), wijen diyakini sudah dikonsumsi sejak 1600 SM. Di Indonesia, wijen tidak terlalu populer dibandingkan dengan komoditas yang lain. Namun, sejatinya wijen memiliki khasiat yang luar biasa.  Apa saja khasiatnya?

Sumber Nutrisi yang Bagus

Wijen terkenal dengan kandungan kalsium, mangan, zat besi, fosfor, zinc dan tembaga, serta vitamin B. Mineral-mineral ini sangat baik untuk menjaga vitalitas dan kebugaran.

Menurunkan Kadar Lemak Jahat

Meskipun wijen merupakan sumber lemak nabati, yaitu sebagai bahan pembuat minyak wijen (sesame oil), namun minyak pada wijen merupakan lemak tak jenuh. Oleh karena itu, menurut www.viva.co.id (27/9/2012), minyak wijen baik sekali untuk menurunkan kadar LDL alias kolesterol jahat.

Membuat Tubuh Lebih Langsing dan Bugar

Sebagaimana dilansir dari www.xtend-life.com (30/3/3018), wijen (sesame), merupakan sumber L-Carnitine alami. L-Carnitine ini terlibat dalam pengangkutan lemak untuk dibakar di mitokondria menjadi energi. Jadi, mengonsumsi wijen, selain akan membuat lemak rontok, juga membuat tubuh bugar karena berlimpah energy.

Sebagai Antioksidan yang Kuat dan Antibakteri

Menurut situs www.researchgate.net (18/12/2017), wijen mengandung zat antioksidan yang kuat, yaitu senyawa lignin.  Antioksidan ini merupakan senyawa antikanker yang bisa mencegah timbulnya kanker pada manusia. Wijen juga memiliki aktivitas antibakteri, bisa mematikan pertumbuhan Staphylococcus dan  Streptococcus.

Bagaimana cara mengonsumsi wijen? Bisa secara tradisional, misal dibuat bubur wijen, onde-onde, atau mengonsumsi minyak wijen yang sudah banyak dijual di toko-toko. 

Memang banyak, faktor menjadi sosok yang keren. Kecerdasan, kerapian, dedikasi dan integritas, merupakan indikator kekerenan seseorang. Akan tetapi, dengan khasiat semacam itu, wijen bisa membuat performa kita menjadi excellent, sehat serta bugar.

Mau coba? [US].

Posting Komentar untuk "Makin Keren Karena Mengonsumsi Wijen, Mau?"

banner
banner