Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Emas Daun Sambiloto, Cegah Diabetes Hingga Keputihan


Sobat Kanal Sehat, apakah Anda familiar dengan daun sambiloto? Baru dengar? Ah, padahal, daun sambiloto merupakan tanaman yang banyak tumbuh di sekitar kita. Sambiloto, atau yang memiliki nama latin Justicia paniculata (sinonim dengan Andrographis paniculata) merupakan jenis terna yang biasa hidup di Asia, khususnya daerah tropis seperti Indonesia. Sambiloto juga sering disebut dengan berbagai nama yang berbeda, misal sambiroto, andiloto, sambilata atau papahitan. Bagaimana dengan daerah Anda, apakah memiliki nama tersendiri?

Di nusantara, sambiloto sudah lama dikenal sebagai tanaman obat yang dipakai sejak zaman nenek moyang kita. Sebagaimana dikutip dari website tanobat.com (29/11/2014), khasiat daun ini sudah dibahas di kitab Nitisastra yang ditulis pada abad ke-13.

Situs bimbima.com (16/9/2013) menyebutkan, bahwa sambiloto atau dalam bahasa India disebut sebagai kalmegh atau kirata, berfungsi dalam membantu mengobati demam, gangguan hati, cacing, gas perut dan sembelit. Sambiloto juga bersifat antipiretik (anti-inflamasi, antibakteri, antioksidan, antiparasit dan hepatoprotektif). Dengan demikian, secara medis, khasiat daun sambiloto memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi, karena telah terbukti secara ilmiah.

Berikut ini adalah beberapa cara memanfaatkan daun sambiloto untuk membantu menyembuhkan aneka penyakit.

1. Membantu menurunkan demam. Menurut Ibunda Suparmi dan Ari Wulandari dalam buku Herbal Bali, sambiloto bisa digunakan untuk membantu mengobati demam. Caranya, ambilah 15 lembar daun sambiloto, lalu direbus dengan segelas air. Setelah mendidih, dinginkan dan saring. Minumlah dengan mencampurkan madu secukupnya.

2. Mengobati perut kembung atau konstipasi. Ambilah beberapa helai daun sambiloto, potong-potong dan rebus dengan segelas air, lalu disaring dan diminum saat dingin. Jika ada campur dengan bubuk amla/buah malaka.

3. Untuk menurunkan kadar gula dalam darah (membantu mengobati diabetes). Caranya, menurut situs manfaat.co.id  (retrieved 3/10/2017), ambilah beberapa helai daun sambiloto, lalu rebus dengan 1 liter air, dan biarlah mendidih hingga tinggal seperempatnya. Setelah dingin, saring, dan dibagi 2. Separuh diminum pagi hari, separuhnya sore. Jika dilakukan dengan rutin, maka kadar gula dalam darah kita akan menurun.

4. Obat keputihan. Ambil sekitar 50 gram daun sambiloto dan 5 helai sirih, rebus dalam 1 liter air hingga mendidih. Dinginkan dan saring. Gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci daerah Miss V sehari dua kali secara rutin. Jika keputihan telah sembuh, sebaiknya jangan diteruskan, tetapi cukup bersihkan dengan air hangat. Sebab, kandungan zat kimia yang ada justru bisa membunuh bakteri baik yang bermanfaat menjaga kesehatan sekitar Miss V.

5. Mengobati tipus. Menurut Ibunda Suparmi dan Ari Wulandari dalam buku Herbal Bali, sambiloto juga bisa untuk membantu mengobati tipus. Caranya, ambil daun sambiloto 15 lembar, potong-potong, lalu rebus dengan segelas air hingga mendidih. Saring dan dinginkan, lalu campur madu secukupnya. Minumlah secara rutin seminggu  2 kali.

Menurut penelitian, masih sangat banyak khasiat dari daun sambiloto. Saya hanya menuliskan sebagian kecil saja. Semoga bermanfaat. [YMS].


Posting Komentar untuk "Khasiat Emas Daun Sambiloto, Cegah Diabetes Hingga Keputihan"

banner
banner