Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pedas Sih, Tapi 5 Khasiat Cabe Ini Sungguh Oke!

Jika anda senang memasak, pasti anda akrab dengan benda yang satu ini, si pedas merah yang memiliki bentuk cantik dan warna memikat, yakni cabe. Ya, cabe adalah sesuatu yang lekat dalam kehidupan kita. Si merah pedas ini, begitu populer di kalangan masyarakat, dan menjadi bumbu yang wajib berada di dapur. Masakan tanpa cabe, mirip malam tanpa bintang, begitu mungkin analogi yang cocok menggambarkan keberadaan si cabe bagi kita semua.

Tak hanya sekadar menghadirkan rasa sedap, ternyata cabe juga memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh kita. Apa saja?

1. Membantu mengatasi depresi dan menimbulkan kebahagiaan

Ketika kita sedang dalam keadaan tertekan alias depresi, ternyata cabe bisa membantu menurunkan persaaan depresi kita. Apa sebabnya? Dilansir dari eprints.walisongo.ac.id (retrieved 13/10/2017), kandungan zat kimia pada cabe ternyata mampu meningkatkan kadar hormon endorfin dan serotonin pada tubuh kita. Hormon-hormon tersebut merupakan hormon yang bisa meningkatkan mood positif dan menghilangkan stress. 

Dikutip dari telegraph.co.uk (20/3/2017), cabe juga disebut mampu mem-boost kadar serotonin yang mampu meningkatkan perasaan bahagia pada diri kita. Barangkali Anda sedang dalam kondisi sedih, bad mood, jengkel, uring-uringan atau tak memiliki semangat? Konsumsilah makanan pedas, tentu dengan kadar kepedasan yang cocok dengan lidah Anda. 

2. Mengatasi sembelit

Sembelit memang menyebalkan. Tetapi, jangan khawatir, sebagaimana dikutip dari detik.com (7/1/2011), ternyata dalam keadaan tertentu, cabe bisa mengatasi problem konstipasi alias sembelit. Akan tetapi, jangan coba-coba terlalu banyak makan cabe dalam keadaan diare.

3. Kaya dengan kandungan nutrisi

Sebagaimana dilansir dari healthline.com (15/4/2015), cabe merupakan buah yang kaya dengan kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin C, vitamin B6, vitamin K1, Potassium, tembaga serta vitamin A. Jadi, ketika kita mengonsumsi cabe, maka tubuh kita akan mendapatkan asupan nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. 

4. Membantu menghangatkan tubuh dan meringankan nyeri

Pada cabe terdapat zat yang disebut dengan capsaicin. Zat inilah yang menimbulkan rasa pedas pada cabe dan tanaman-tanaman lain. Rasa pedas dan hangat ini, sangat cocok untuk membantu mengatasi hawa dingin. Selain itu, menurut situs thespruce.com (15/2/2017), capsaicin ini mampu memberi efek meredakan rasa nyeri. Capsaicin ini juga mampu menstimulasi sekresi endorfin pada otak, yang mampu membantu menghilangkan rasa sakit pada tubuh.

5. Kaya Senyawa Antioksidan

Sangat menarik, karena cabe ternyata juga kaya akan kandungan zat antioksidan yang berfungsi menghambat proses oksidasi pada tubuh. Sebagaimana kita tahu, proses oksidasi inilah yang memunculkan radikal-radikal bebas yang berbahaya untuk kesehatan. Menurut situs healthline.com (15/4/2015), antioksidan yang ada di cabe antara lain capsanthin, violaxanthin, sinapic acid dan ferulic acid.

Meskipun kaya dengan kandungan zat yang bermanfaat, tetap saja kita tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi cabe. Makan pedas memang asyik, tetapi, sesuaikan dosisnya. Jika tidak, alih-alih menyehatkan, justru akan mengundang penyakit lain jika terlalu banyak mengonsumsi cabe.

Posting Komentar untuk "Pedas Sih, Tapi 5 Khasiat Cabe Ini Sungguh Oke!"

banner
banner