Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Rahasia Awet Muda yang Terbukti Secara Medis #1


Dear pembaca, pastinya kita sepakat bukan, bahwa umur adalah sesuatu yang akan terus berjalan. Suka atau tak suka, setiap tahun berganti dan kita harus mengganti kalender baru, usia kita akan bertambah menjadi satu tahun. Apakah menjadi tua merupakan sesuatu yang Anda takutkan? Dan Anda selalu merasa histeris jika menyadari bahwa rotasi bumi adalah suatu hal yang tidak bisa kita hentikan?

Bilangan usia tentu tak mungkin kita palsukan. Akan tetapi, asal kita mampu menjalani hidup dengan gaya hidup yang sehat, sebenarnya kita akan mampu terlihat lebih segar, kuat, trengginas dan tentu saja, awet muda. Apalagi, secara medis sebenarnya ada beberapa prinsip menjalani hidup yang mampu menunda proses penuaan yang terjadi akibat rusaknya sel dan jaringan pada tubuh kita.

Rahasia awet muda menurut medis ini sudah diterapkan oleh nenek moyang kita dengan baik. Mari coba kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

1. Antioksidan

Reaksi oksidasi yang terjadi pada tubuh menyebabkan terjadinya kerusakan pada tubuh manusia, karena menyebabkan terbentuknya gugus-gugus radikal bebas. Sebagaimana dilansir dari kompas.com (5/8/2013), berbagai penyakit berat seperti serangan jantung, alzeimer, stroke dan kanker, ternyata berawal dari radikal bebas tersebut. 

Tubuh membutuhkan antioksidan untuk menghambat reaksi-reaksi oksidasi tersebut. Antioksidan banyak ditemui pada buah-buahan, terlebih yang mengandung vitamin C seperti jeruk, mangga, pisang; mengandung pigmen antosianin (berwarna biru-ungu-merah), seperti buah naga merah, anggur, keluarga berry (blue berry, stroberi, arbei), apel dan sebagainya. Sayuran seperti brokoli, kubis merah, tomat dan asparagus juga kaya antioksidan.

2. Peremajaan Sel dan Pengelupasan Sel Kulit Mati

Awet muda biasanya identik dengan kulit yang sehat, bersih dan terhindar dari kerutan. Bagaimana membuat kulit senantiasa terlihat sehat?  

Secara alamiah, sebagaimana dikutip dari mayoclinic.org (12/5/2017), pergantian kulit akan terjadi sekitar sebulan sekali. Sel kulit mati akan naik ke permukaan kulit, menjadi lapisan sel kulit mati yang membuat kulit tampak kusam. Buanglah tumpukan sel kulit mati itu dengan menggunakan metode peeling/thining menggunakan lulur atau facial mask, sehingga kulit dengan sel-sel remaja itulah yang akan tampak melapisi permukaan tubuh kita.

3. Konsumsi Air Putih

Sebagian besar unsur yang berada pada tubuh kita adalah air. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan tampak lebih segar, sehat, kenyal dan awet muda. Maka, upayakan dengan serius untuk mengonsumsi 8 gelas air putih segar setiap hari.

4. Cukup Istirahat 

Istirahat yang cukup akan memberikan kesempatan pada tubuh kita untuk segar kembali setelah dipaksa beraktivitas seharian. Sementara, kurang istirahat akan membuat kita merasa tidak fit, cepat lelah dan bad mood yang tentunya membuat kita cepat terlihat tua. Berapa jam tidur yang baik untuk kesehatan? Menurut rekomendasi National Sleep Foundation (NSF), sebagaimana dikutip dari nationalgeographic.co.id (27/2/2015), manusia dengan usia 18-64 tahun, dianjurkan tidur 7-9 jam per hari. Jadi, hentikan pekerjaan Anda jika saatnya tidur tiba, dan jangan terlalu sering memaksa tubuh untuk begadang.

Kontributor: YMS

BERSAMBUNG KE BAGIAN 2


Posting Komentar untuk " 9 Rahasia Awet Muda yang Terbukti Secara Medis #1"

banner
banner