Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wah, Nasi Magic Com Cepat Basi? Begini 5 Cara Mengatasinya


Mungkin Anda pernah merasakan kejengkelan seperti yang saya alami. Belum ada setengah hari, nasi yang kita masak menggunakan magic com atau rice cooker berbau basi, dan tentu saja tak layak dikonsumsi. Betapa sedihnya melihat nasi itu harus terbuang percuma di tempat sampah. Awalnya, saya mengira magic com saya rusak. Ternyata, setelah saya membeli yang baru, tetap saja peristiwa yang sama terulang.

Lalu, seorang teman memberikan advis kepada saya untuk memberi perasan jeruk nipis pada nasi yang kita tanak. Memang, nasi kemudian menjadi tidak basi. Tetapi, perasan jeruk hanyalah solusi sementara. Tetapi, jika tidak diketahui sebab utamanya, maka hal yang sama akan terus terjadi.

Sebenarnya, apa yang terjadi dengan magic com kita? Nasi basi, bisa disebabkan karena ada prinsip kerja magic com yang terhambat. Berikut ini beberapa kemungkinan yang terjadi.

Pertama, bisa jadi elemen pemanas (heater) pada magic com tidak berfungsi dengan baik. Elemen pemanas ini berada pada bagian bawah magic com. Hal ini menyebabkan saat nasi dihangatkan, akan keluar titik-titik air, yang semestinya bisa hilang saat terkena panas yang ditimbulkan heater. Jika heater kurang berfungsi, maka air tersebut akan menetes kembali ke nasi, dan membuat nasi cepat basi. Jika kita tak paham elektronik, solusi paling mudah adalah membawa ke tukang servis.

Kedua, mungkin ada sisa-sisa atau kerak nasi yang belum bersih. Saat dingin, sisa-sisa tersebut akan mengering. Namun jika terkena air dan dipanaskan, kotoran tersebut akan mencair dan mencampuri nasi yang kita tanak, dan membuat nasi menjadi cepat basi. Solusinya, bersihkan seluruh badan magic com, pastikan tidak ada kerak-kerak atau butir-butir nasi yang tersisa. 

Ketiga, bisa jadi lubang tempat evaporasi alias pengeluaran uap air keluar tersumbat kotoran, sehingga lubangnya menyempit atau malah tertutup sama sekali. Saat memasak nasi, uap air akan dikeluarkan melalui lubang tersebut. Jika uap tertahan, maka akan menetes kembali dan nasi menjadi cepat basi

Keempat, Anda harus mengecek tegangan listrik di tempat Anda. Jika voltase turun naik, biasanya akan membuat kerja magic com tidak optimal, karena magic com rata-rata menggunakan suhu 220 Volt.

Kelima, pilihlah beras yang berkualitas, sehingga bisa menyerap air dengan lebih baik. Beberapa kali saya mencoba menggunakan beras yang bagus, ternyata tidak cepat basi. Memang sih, lebih mahal, tetapi dibandingkan harus membuang nasi yang basi, kan boros juga jatuhnya.

Kontributor: YMS


Posting Komentar untuk "Wah, Nasi Magic Com Cepat Basi? Begini 5 Cara Mengatasinya"

banner
banner