Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Langkah Pertolongan Pertama Pada Diare, Ortu Wajib Tahu!


Santi kaget bukan main. Ketika baru pulang kerja, dia dilapori bahwa Riri, anaknya yang masih balita mengalami diare. Saking paniknya, Santi langsung menelepon taksi dan saat itu juga membawa Riri ke rumah sakit. Karena taksi tak kunjung datang, semua orang di rumah pun menjadi sasaran kemarahan Santi.

Ya, diare memang membuat semua orang tua di manapun menjadi bingung dan panik. Namun, kepanikan terkadang justru membuat kita kehilangan logika. Apa yang sebenarnya harus kita lakukan jika anak kita, atau kita sendiri terkena diare?

Pertama, yang jelas penuhi dahulu kebutuhan cairan si anak. Beri dia minum, agar tidak terkena dehidrasi. Selain air minum, oralit juga harus diberikan. Jika tidak ada oralit, kita bisa membuat sendiri pengganti oralit, yaitu LGG (Larutan Gula Garam). Menurut doktersehat.com (4/6/2018) komposisi LGG terdiri dari satu gelas air matang ditambah dengan 1 sendok gula dan seperempat sendok garam. Berikan LGG tersebut kepada si anak.

Kedua, berilah herbal atau makanan yang sudah teruji mampu membantu mengatasi diare, misal daun jambu biji. Ambillah 5 lembar daun jambu biji muda, cuci hingga bersih, lalu rebus dengan air matang. Air rebusan bisa diminumkan. Bisa juga dengan diperas, dan perasan dicampur air matang. 

Ketiga, bisa diberi makanan yang bisa meringankan diare. Dilansir dari breastcancer.org (8/5/2013), senyawa pektin yang terkandung dalam wortel, jamur, asparagus dan  bit, baik untuk mengatasi diare, karena bisa menyerap cairan pada tinja.

Keempat, biarkan dia beristirahat. Sambil terus diobservasi. Jika dia terus saja diare, apalagi diarenya berlendir dan berdarah serta disertai demam, kemungkinan penyebab diarenya adalah infeksi kuman. Inilah saatnya ke dokter untuk mendapatkan pengobatan, biasanya akan diberi antibiotik untuk membunuh kuman. Awas, jangan beli antibiotik tanpa resep dokter, karena efeknya bisa fatal!

Itulah beberapa langkah pertolongan pertama pada penderita diare. Semoga bermanfaat!

Kontributor: YMS

Posting Komentar untuk " 4 Langkah Pertolongan Pertama Pada Diare, Ortu Wajib Tahu!"

banner
banner