Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meski Cantik 3 Bunga Ini Membahayakan


Di alam semesta, Tuhan Yang Maha Kuasa  telah menciptakan bumi dan seisinya dengan aneka ragam bentuk. Ada tumbuhan, hewan, air, udara, sinar matahari dan sebagainya. Uniknya, semua ciptaan ternyata memiliki kekhasan masing-masing. Seringkali pula, ada benda-benda yang terlihat menarik, cantik, dengan warna-warna yang unik, tetapi ternyata membahayakan makhluk lainnya. 

Berikut ini adalah sederetan makhluk yang bisa mengecoh kita dengan keindahannya, namun sesungguhnya sangat berbahaya.

Bunga Nerium oleander

Oleander (Nerium oleander, sering juga disebut bunga Jepun), yang termasuk dalam keluarga Apocynaceae, merupakan jenis tanaman hias yang cukup banyak digemari oleh banyak kalangan. Bunganya yang cerah, berwarna merah jambu, membuat Oleander terlihat sangat menarik. Namun, siapa sangka jika bunga ini ternyata termasuk dalam bunga yang paling beracun?

Sebagaimana dilansir dari nationalgeographic.co.id (1/2/2016), racun bunga Jepun bisa menyebabkan muntah, diare, gangguan sistem saraf pusat, dan juga serangan jantung. Menurut situs agrobisnis.com (31/1/2018), jenis racun pada tanaman ini adalah oleandrin dan neriine. Akan tetapi, dengan dosis yang tepat, menurut ncbi.nlm.nih.gov (7/12/2013), bunga ini memiliki fungsi dalam pengobatan gagal jantung. Oleander juga telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional rakyat Tiongkok.

Bunga Daffodil

Bunga Daffodil (disebut juga bunga narsis, dari familia Amaryllidaceae), juga merupakan tanaman hias yang sangat cantik. Warna bunga ini kuning cerah, biasanya tumbuh berumpun dan jika mendiami tanah yang luas, bisa menjadi hamparan bunga yang sangat menawan. 

Akan tetapi, pada tahun 2014, 27 warga Inggris dilaporkan keracunan bunga ini. Menurut Prof. Paul Cosford, sebagaimana dikutip oleh express.co.uk (7/2/2015) "daffodils are dangerous if eaten and poisoning can occur as a result." Jadi, berhati-hatilah dengan jenis bunga ini. Seluruh bagian dari tanaman ini mengandung racun yang membahayakan tubuh.

Kecubung

Kecubung, atau biasa disebut sebagai bunga terompet (Datura metel L), merupakan jenis tanaman ini banyak tumbuh di sekitar kita. Sekilas, tanaman ini terlihat indah. Akan tetapi, hati-hati, menurut kompas.com (21/10/2010), tanaman ini ternyata mengandung metil kristalin yang memiliki efek sebagai obat bius. Kecubung memang memiliki kandungan zat yang bisa disamakan dengan narkoba, khususnya dari jenis halusinogen.

Akan tetapi, meski berbahaya untuk manusia, menurut ejurnal.litbang.pertanian.go.id (21/1/2015), kecubung merupakan sumber insektisida botanis yang potensial. Tanaman ini juga bisa membunuh larva nyamuk, termasuk Aedes aegypti, penyebab demam berdarah.

Demikianlah beberapa paparan singkat saya tentang beberapa tanaman yang terlihat cantik, namun sebenarnya sangat berbahaya. Semoga kita bisa lebih berhati-hati. [US].

Posting Komentar untuk "Meski Cantik 3 Bunga Ini Membahayakan"

banner
banner