Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Ragu Makan Duku, Ini Lho Khasiatnya!


Anda penggemar duku? Sama dong! Bagi penggemar buah duku, rasanya begitu bahagia melihat duku-duku berkualitas bagus dijual dengan harga relatif murah, serta tersedia melimpah. Kita bisa menyantap duku sepuas-puasnya tanpa takut kantong menjadi jebol.

Sebagaimana dilansir dari www.vegetafruit.com (28/3/2018) duku memiliki nama ilmiah Lansium parasiticum, atau kadang disebut juga Lansium domesticum. Menariknya, duku merupakan tanaman khas Asia Tenggara, lho. Khususnya Asia Tenggara bagian barat seperti Jawa, Sumatera, Malaysia dan sebagainya. Di Indonesia, duku yang paling terkenal adalah duku Palembang. Rasanya manis dan bijinya sedikit.

Namun, duku Palembang ternyata hanya istilah saja, sebab di kota Palembang malah sudah tidak banyak tumbuh pohon duku. Pusat dari Duku Palembang adalah daerah OKI alias Ogan Komering Ilir, yang berlokasi sekitar 180 kilometer dari kota Palembang.

Di Jawa, Duku Purbalingga juga cukup dikenal karena rasanya sangat manis. Karena Purbalingga merupakan tanah kelahiran, saya cukup akrab dengan pohon duku. Ketika berangkat sekolah dahulu, saya sering melewati perkebunan duku, dan menyantap duku yang berjatuhan secara gratis. Rasanya, wow... sungguh manis! Jangan salah, duku yang berjatuhan bukan karena panen, di tempat saya dianggap sah dimakan siapa saja. Pemilik pohon tidak mempermasalahkannya.

Ternyata, duku tak sekadar menghadirkan kesegaran dari buahnya yang manis dan lezat. Duku punya banyak manfaat yang jarang kita ketahui.  Berikut ini adalah beberapa khasiat duku yang bisa bikin kita terharu saking hebatnya.

Bikin Makin Langsing

Menurut www.vegetafruit.com (28/3/2018), duku mengandung carnitine yang cukup banyak. Carnitine adalah zat yang diperlukan untuk membakar lemak menjadi energi. Jadi, menyantap duku dalam jumlah cukup, bisa memicu pembakaran lemak yang menumpuk di tubuh kita.

Sebagai Sumber Senyawa Antioksidan

Sangat menarik, karena duku, sebagaimana dilansir dari www.medindia.net (14/8/2015), kaya akan senyawa antioksidan yang bisa mencegah dan melindungi tubuh dari kerusakan sel dan pembentukan radikal bebas yang memicu berbagai penyakit seperti tumor dan kanker. Saat ini, kita tahu, penyakit kanker telah menjadi penyakit yang sangat mematikan dan sulit sekali diobati.

Antioksidan yang bersumber pada Vitamin C pada duku, juga bisa membuat tubuh lebih segar dan awet muda.

Baik Untuk Pencernaan

Dalam sekitar 100 gram duku, terkandung sekitar 2,3 gram serat (fiber) yang sangat baik untuk pencernaan. Apalagi, menurut www.medindia.net (14/8/2015), duku juga mengandung oleoresin yang bisa membantu mengatasi sakit diare.

Baik Untuk Kesehatan Gigi dan Gusi

Duku mengandung kalsium dan fosfor yang cukup tinggi, sehingga bisa membuat gigi menjadi lebih kuat dan sehat. Vitamin C yang ada dalam duku dalam jumlah besar juga akan membuat gusi lebih sehat dan terhindar dari sariawan.

Tentu masih sangat banyak khasiat buah duku. Bagaimana, apakah kamu merasa terharu dan ingin berkata, “Terimakasih, Buah Duku...” [yms].

Posting Komentar untuk "Jangan Ragu Makan Duku, Ini Lho Khasiatnya!"

banner
banner