Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Basmi Nyamuk Tanpa Racun Serangga!


Siapa sih, yang betah hidup dengan nyamuk? Banyak di antara kita yang merasa sangat terganggu dengan keberadaan nyamuk. Bukan saja suaranya yang berdenging menyebalkan, gigitannya juga sungguh gatal. Terlebih, banyak nyamuk menjadi sumber penyakit mematikan, salah satunya demam berdarah. Nyamuk adalah salah satu parasit yang menjengkelkan.

Sayangnya, hidup bersih saja ternyata belum efektif, karena nyamuk bisa datang dari rumah tetangga, yang barangkali belum menerapkan pola hidup sehat sesuai standard. Jadi, meskipun di rumah kita semua terjaga, sangat mungkin ada nyamuk 'nyelonong' masuk ke rumah. Kalau mau efektif, kebersihan seharusnya meliputi seluruh lingkungan terdekat, misal satu RT. 

Untuk menghadapi nyamuk, cara yang lazim adalah menggunakan obat nyamuk, dari obat nyamuk bakar, semprot maupun elektrik. Ada juga raket nyamuk yang memaksa kita main “badminton” di malam hari melawan nyamuk. Namun, entah mengapa, cara itu pun sekarang tidak sepenuhnya bisa mengusir nyamuk.

Jika Anda bingung, cobalah daun serai (Cymbopogon nardus). Daun serai bukan tanaman yang sulit dicari, karena merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Penelitian Yogie Aryanto (2008), menunjukkan bahwa ekstrak daun serai ternyata berpengaruh sangat signifikan untuk membunuh larva Aedes aegypti. Hal tersebut disebabkan karena pada daun serai, terdapat senyawa kimia citronella dengan kandungan yang sangat besar. Citronella mempunyai bersifat racun dehidrasi (desiccant), yang yang dapat mengakibatkan kematian pada nyamuk, namun tetap aman buat manusia.

Meski banyak tumbuh di Indonesia, bagi Anda yang tinggal di kota pasti sulit mencari tanaman ini. Tetapi, jangan khawatir, saat ini, minyak serai sudah bisa dibeli di apotik-apotik. Anda bisa mengoleskan pada anak-anak setiap hari. Minyak serai juga bisa dicampurkan ke air untuk mengepel lantai. Selain mampu menghilangkan nyamuk, aroma minyak serai juga sangat dibenci oleh tikus, kecoa dan berbagai macam serangga lainnya. Rumah kita akan lebih bersih, terawat, dan tentu saja lebih aman untuk anak-anak kita.

Selamat mencoba! [US].


Posting Komentar untuk "Tips Basmi Nyamuk Tanpa Racun Serangga!"

banner
banner