Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Ampuh Basmi Kutu Rambut


Rasanya memang memalukan, ketika ditemukan kutu di rambut kita. Meski rasanya “ajaib”, kadang terasa memalukan, mengingat sekarang sudah zaman modern, faktanya banyak di antara kita diserang oleh binatang mungil itu. Namanya sih keren, Pediculus humanus. Tapi, keberadaannya sungguh menyebalka, karena membikin kepala terasa gatal.

Keberadaan kutu rambut, menurut halosehat.com (23/4/2018), bisa menyebabkan ruam-ruam yang bisa memunculkan koreng dan juga pediculosis kapitis--alias iritasi kulit yang menyebabkan perasaan sangat gatal, tidak nyaman dan berbau.

Lebih lanjut, peduculosis capitis, menurut situs emedicine.medscape.com (1/3/2018) ternyata menyebabkan stres psikologis yang cukup signifikan baik pada anak maupun orang dewasa. Orang yang terkena infeksi kutu ini akan merasa malu, dan sering dianggap jorok, tidak mampu menjaga kebersihan dan sebagainya.

Padahal, siapa saja bisa terinfeksi kutu ini. Dilansir dari uptodate.com (16/8/2017) seekor kutu memiliki masa hidup selama satu bulan. Dalam sehari, kutu bertelur sebanyak 7-10 dan "menyemen dengan kuat" di kulit rambut. Telur itu akan menetas 8 hari kemudian. Jadi, bisa kita bayangkan betapa cepat perkembang biakan dari kutu di rambut kita. Ketika secara tidak sengaja seekor kutu menempel di kepala kita, sebulan kemudian, ada sekitar 300 kutu baru yang dihasilkan!

Bagaimana cara membasmi kutu rambut?

1. Jagalah kebersihan rambut dan kulit kepala selalu, sebab rambut dan kulit yang selalu terjaga kebersihannya akan relatif sulit dihinggapi kutu. Keramaslah sekitar 2-3 hari sekali dengan sampo sesuai dengan jenis rambut Anda.

2. Jangan pernah berbagai sisir atau peralatan yang digunakan untuk rambut seperti rol rambut, topi, bando dan sebagainya dengan orang lain.

3. Gunakan pelindung rambut saat berenang

4. Pakailah sisir kutu, seperti jenis sisir kutu logam dengan gigi yang rapat, namun cukup lembut saat bersinggungan dengan kulit kepala. Saat ini, sisir kutu semacam ini banyak dijual di toko-toko online.

5. Olesilah kulit rambut dengan minyak zaitun yang dicampur dengan perasan jeruk nipis. Biarkan sekitar 30 menit hingga satu jam. Lalu bilaslah dengan air dan shampo. Lakukan rutin seminggu dua kali. Selain kutu, ketombe juga akan hilang dari kepala Anda.

6. Bisa juga digunakan obat yang tepat. Menurut situs skinsight.com (23/4/2018) obat kutu semacam pyrethrins atau permethrin lotion bisa untuk membunuh kutu. Namun sebaiknya konsultasilah kepada dokter sebelum menggunakan obat-obatan, meskipun hanya obat luar.

Semoga kita semua terbeba dari serangan kutu yang menyebalkan. [US].

Posting Komentar untuk "6 Tips Ampuh Basmi Kutu Rambut"

banner
banner