Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sepertiga Orang Punya Kolesterol Jahat Tinggi! Ini Tips Mengatasi


Kolesterol jahat memang ancaman bagi kita semua. Sebab, kolesterol jahat terbukti menjadi biang kerok dari sejumlah penyakit berat yang mematikan. Dialansir dari heart.org (5/7/2017), kolesterol jahat merupakan sebab atherosclerosis atau penyempitan pembuluh darah. Jangan abaikan atherosclerosis, sebab ini jadi problem serius kesehatan, seperti menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke yang mematikan.

Repotnya, berdasarkan data dari WHO, lebih dari 30% masyarakat ternyata memiliki kolesterol di atas normal. Untuk itu, kita harus berusaha membuat kadar kolesterol menjadi normal. Apa yang harus kita lakukan?

1-Cek Darah

Yang harus kita lakukan pertama kali, tentu melakukan cek darah, agar kita tahu berapa kadar total kolesterol kita. Dikutip dari medicalnewstoday.com (20/2/2017), kadar normal total kolesterol pada tubuh kita adalah kurang dari 200 miligram per desiliter (mg/dL). Jika kadar total kolesterol > 200 - 239 mg/dL, ini sudah batas tinggi, harus waspada. Sedangkan di atas 240 mg/dL, ini merupakan angka di atas normal dan perlu sangat waspada.

2-Hindari Makanan dengan Kadar Kolesterol Jahat Tinggi

Makanan-makanan dengan kandungan kolesterol jahat tinggi biasanya berasal dari hewan. Otak, kuning telur, lemak hewani, daging merah, lobster, ayam goreng tiram, kepiting, udang dan sebagainya, merupakan makanan dengan kadar kolesterol yang cukup tinggi. Tentu kita tak harus menghindari sama sekali, tetapi jika kadar kolesterol jahat kita tinggi, sebaiknya kita mulai mengurangi.

3-Asuplah Bahan Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Banyak bahan makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Jahe misalnya, bahan makanan antikolesterol. Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov (retrieved 14/6/2018), jahe terbukti efektif menurunkan kadar lemak dalam darah, termasuk juga signifikan menurunkan kolesterol jahat. Aneka herbal seperti kunyit, kencur, lengkuas, lada, daun salam, atau ketumbar yang biasa dipakai untuk bumbu dapur, juga ampuh luruhkan kolesterol jahat. Sayur dan buah-buahan memiliki manfaat melibas kolesterol jahat. Ikan laut yang kaya asam lemak juga memiliki efek yang sama.

4-Olahraga dan Aktivitas Fisik Lainnya

Olahraga merupakan sarana ampuh untuk membakar lemak-lemak jahat dalam tubuh kita, termasuk kolesterol jahat. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari, maka tubuh akan menjadi lebih sehat. Demikian juga, lebih aktiflah dalam bergerak. Tak ada salahnya kita berjalan kaki atau bersepeda untuk menempuh jarak yang tak terlalu jauh, jangan menggunakan kendaraan bermotor. Gunakan tangga, jangan selalu menggunakan lift. 

5-Minum Air Putih

Dilansir dari healthline.com (11/12/2017), meminum air putih sehari sekitar 8 gelas, merupakan cara alami menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Baik juga jika air putih yang diminum dalam kondisi hangat sekitar 38-40 derajat celcius.

Itulah beberapa tips menurunkan kadar kolesterol jahat secara alami pada tubuh kita.


Posting Komentar untuk "Sepertiga Orang Punya Kolesterol Jahat Tinggi! Ini Tips Mengatasi"

banner
banner