Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Cepat Mengusir Asam Urat Tanpa Menggunakan Obat

foto: express.co.uk

Pernah merasakan sakit asam urat? Jika pernah, pasti Anda sepakat, bahwa penyakit ini benar-benar sangat mengganggu aktivitas kita. Kadar asam urat saya juga pernah di atas normal. Rasanya memang sangat tidak nyaman.

Mengapa bisa terjadi asam urat? Asam urat terjadi jika kita terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin. Purin adalah protein dari jenis nukleoprotein. Apa saja makanan yang banyak mengandung purin? 

Menurut livestrong.com (3/10/2017), makanan dengan kadar purin tinggi antara lain jeroan (baik ayam, sapi maupun kambing), ikan laut, makanan kaleng (sarden) atau makanan yang beralkohol. Juga bisa ditemukan dengan kadar sedang pada daging sapi, kacang-kacangan, kol, bayam, kangkung, buncis, daun pepaya atau juga asparagus. Sementara, buah-buahan biasanya mengandung kadar purin yang rendah.

Menurut mayoclinic.org (11/1/2018), kadar asam urat yang terlalu tinggi, membuat ginjal kita tidak bisa mengeluarkannya dalam bentuk urin. Asam urat yang merupakan sisa purin pun membentuk kristal-kristal yang biasanya berada di bagian sendi. Karena itu, saat kadar asam urat tinggi, sendi menjadi nyeri, bengkak atau meradang. Normalnya, sebagaimana dilansir dari blogdokter.net (1/5/2017, kadar asam urat bagi perempuan adalah antara 2,4-6,0 mg/dL. Sedangkan laki-laki 3,4-7,0 mg/dL.

Bagaimana jika kadar asam urat kita terlalu tinggi? Berikut ini beberapa cara melibas asam urat secara cepat.

1. Konsumsilah Vitamin C

Vitamin C banyak dianjurkan untuk mengobati gout alias penyakit asam urat tinggi. Sebab, Vitamin C memang mampu menurunkan kadar asam urat. Anda perlu mengonsumsi lebih banyak vitamin C baik dari buah segar maupun suplemen saat kadar asam urat sedang tinggi.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Sebagaimana kita tahu, kadar asam urat menjadi tinggi karena ginjal tidak mampu mengeluarkannya dalam bentuk urin. Dengan minum banyak air putih, asam urat bisa terlarut dan lebih mudah dibuang oleh ginjal.

3. Perbanyak Olah Raga

Banyak studi menyebutkan, bahwa obesitas merupakan salah satu sebab mengapa kadar asam urat menjadi tinggi. Oleh karena itu, berolahraga merupakan sarana menurunkan asam urat yang efektif.

4. Jauhi Sama Sekali Alkohol

Alkohol juga menjadi sebab tingginya asam urat yang menyebabkan serangan gout. Untuk tubuh sehat, hindari sama sekali minuman beralkohol. Menurut situs webmd.com (32/3/2017), berbagai jenis minuman seperti bir, vodka atau wiski sangat berbahaya bagi penderita gout.

5. Hindari Minuman dengan Fruktosa yang Tinggi

Menurut situs webmd.com (32/3/2017), penderita gout sangat dianjurkan meninggalkan produk makanan dengan fruktosa yang tinggi seperti soda, jus, sereal, es krim, permen dan fast food.

6. Hindari Makanan dengan Purin Tinggi

Menghindari makanan dengan kadar purin tinggi, seperti disebutkan di atas, seperti jeroan, seafood, atau makanan kalengan seperti sarden, setidaknya untuk sementara, tentu juga merupakan hal yang dianjurkan.

Semoga dengan 6 cara ini, kita bisa benar-benar terhindar dari penyakit asam urat. Selamat mencoba!

Kontributor: YMS.



Posting Komentar untuk "6 Cara Cepat Mengusir Asam Urat Tanpa Menggunakan Obat"

banner
banner