Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Deretan Manfaat Air Cucian Beras (Leri) Untuk Kecantikan


Tentu kita semua mafhum, bahwa tak ada yang sia-sia di dunia ini, karena Tuhan telah menciptakan segala sesuatu dengan segala manfaatnya. Begitu juga dengan air cucian beras, atau yang sering disebut dengan air leri. 

Lazimnya, air cucian beras atau leri akan kita buang begitu saja saat persiapan menanak nasi. Stop kebiasaan itu! Karena, pada air tersebut terdapat banyak manfaat yang bisa membantu mempercantik penampilan seorang wanita. 

Menurut Achmad Djaeni Sediatama, dalam bukunya, Ilmu Gizi (1999, diterbitkan Rineka Cipta), dalam 100 gram beras terdapat protein (7,6 gram), karbohidrat (78,3 gram), fosfor (221 mg), dan vitamin B1 /thiamin (190 mg). Sedangkan menurut Prof. Dr. Made Astawan, sebagaimana dikutip dari kompas.com (14/09/2009), bekatul—yaitu bagian kulit beras bagian dalam, ternyata juga kaya akan kandungan vitamin B kompleks dan vitamin E. Vitamin B sangat penting sebagai komponen pembangun tubuh, sedangkan vitamin E adalah antioksidan yang sangat kuat. Vitamin E juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. 

Pada saat pencucian beras, sebagian zat gizi yang sangat penting itu ikut larut bersama air. Oleh karena itu, jangan buang air leri tersebut. Tampung air cucian beras tersebut, lalu biarkan beberapa waktu sampai terbentuk endapan putih di dasar wadah. Nah, endapan itu adalah semacam "emas" yang sangat berguna bagi kecantikan seorang wanita, yang juga bisa dimanfaatkan oleh pria. 

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari air leri yang bisa kita gunakan. Yuk, disimak dan dipraktekkan!

Pertama, endapan tersebut bisa kita gunakan sebagai masker. Oleskan di muka kita secara merata, lalu biarkan beberapa saat, dan bilas. Lakukan secara rutin. Wajah Anda akan terlihat lebih cerah dan segar. Selain sebagai masker, Anda juga bisa mencuci muka dengan air cucian beras.

Kedua, endapan cucian beras tersebut juga bisa kita gunakan untuk menjaga kesehatan dan kesuburan rambut kita. Sebagaimana saat memakai conditioner, oleskan endapan tersebut ke kulit rambut. Biarkan sejenak, lalu bilas dan keramaslah. Perempuan-perempuan zaman dahulu sering memakai jurus kecantikan ini, dan ternyata mereka berhasil memiliki rambut yang sehat, hitam dan kuat.                        

Ketiga, air cucian beras juga bisa menjadi moisturizer bagi kulit kita, khususnya jika kulit kita bertipe kulit kering. Oleskan endapan air beras itu sesaat sebelum mandi di bagian-bagian tubuh kita, misalnya kaki atau tangan. Biarkan sejenak, lalu bilaslah.

Agar air leri terhindar dari debu atau kotoran, cuci sebentar beras, lalu buang airnya, dan kita rendam sekitar 30 menit. Khasiat air cucian beras ini, mungkin akan menjadi salah satu penghematan bagi kita, sebab biaya perawatan kecantikan, saat ini kian mahal, bukan? 

Terlebih, berdasarkan berbagai penelitian, air cucian beras juga merupakan sumber nutrisi yang baik untuk berbagai jenis tanaman, sehingga banyak dimanfaat sebagai semacam pupuk yang sangat bermanfaat. Jadi, jangan pernah membuang air cucian beras kita.

Selamat mencoba! [YMS].


Posting Komentar untuk " Deretan Manfaat Air Cucian Beras (Leri) Untuk Kecantikan"

banner
banner